Sambut Ramadhan, PBNU Luncurkan Aksi BBM Serentak

0
51
(foto:PBNU)
(foto:PBNU)

HAJIUMRAHNEWS-Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali meluncurkan program  Bersih-Bersih Masjid (BBM) Berkah. Menjelang Bulan Ramadhan tiba, jajaran PBNU bersiap mengadakan aksi Bersih-Bersih Masjid (BBM) Berkah pada Minggu 13 Mei 2018 secara serentak di seluruh Mushola dan Masjid se-Indonesia. Aksi serentak ini akan diluncurkan besok pada hari Rabu, 9 Mei 2018 di Gedung PBNU.

“Tujuan BBM Berkah ini adalah untuk mendorong Masjid ikut berperan mewujudkan situasi nasional yang bersih dari kotoran lahir-batin menyongsong bulan suci Ramadhan sekaligus untuk berpartisipasi mewujudkan situasi bangsa yang aman dan tentram,” jela Koordinator Nasional BBM Berkah Ali Sobirin.

Peluncuran yang akan diisi acara Deklarasi ini akan dihadiri oleh para Penggerak Masjid Seluruh Indonesia, Para Koord. BBM Kabupaten/Kota, para Ta’mir Masjid dan Marbot se-Jabodetabek, dan pengurus PBNU.

Sejak dirintih pada tahun 2013, Also begitu ia biasa dipanggil, BBM Berkah mendapat respon positif dari masyarakat, salah satunya dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam program bersih-bersih masjid ini.

Ia memaparka ada tiga hal yang dilakukan melalui aksi bersih-bersih masjid, antara lain: pertama, bersih-bersih fisik masjid dan sekitarnya, kedua, bersih-bersih fikir, yaitu melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada Ta’mir Masjid untuk senantiasa berpikir dan bertindak positif dalam rangka menghidupkan masjid sebagai pusat pelayanan jamaah.

“Kerja-kerja yang dilakukan berupa pelatihan, seperti Madrasah Kader Muharrik Masjid dan Dakwah, Pelatihan Pemuda Muharrik Masjid, Pelatihan 7 Aksi Pelayanan Jamaah, Pelatihan 7 Langkah Percepatan Rizki, Pelatihan GISMAS (Gerakan Infak Sedekah Memakmurkan Masjid dan Jamaah), Pelatihan Manajemen Masjid Ramah Pemuda, dan  lain-lain,” papar Also.

Ketiga, bersih-bersih hati, yaitu melakukan pembinaan kepada Ta’mir Masjid agar  senantiasa menjaga hati jamaahnya untuk tetap dalam keimanan dan ketakwaan. Di antara kegiatannya berupa Pelatihan Shalat Sempurna ala Rasulullah saw., Pelatihan Percepatan menuju Baitullah, Pelatihan Penyuluh Kesehatan, dan lain-lain.

LEAVE A REPLY