Renovasi Zamzam Selesai, Peziarah Umrah Ramadhan Dapat Bertawaf di Mataf

0
69

suasana-area-mataf-masa-kini-_180507192015-951

Hajiumrahnews – Selama proyek renovasi sumur zamzam, Area Mataf (tempat tawaf di sekitar Kabah) tidak bisa digunakan untuk kegiatan umrah. Namun, usai proses renovasi selesai, tempat tersebut sudah bisa digunakan. Hanya saja, hal ini hanya bisa diperuntukkan untuk jamaah umrah. Bagi jamaah yang tidak sedang umrah tidak bisa menggunakan tempat ini antara shalat Maghrib dan akhir doa Tarawih meski sekedar untuk shalat dan diharuskan mencari tempat lain.

Demikian arahan langsung dari Emir Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal yang juga Ketua Komite Haji Pusat dan penasihat untuk Penjaga Dua Masjid Suci.

Mataf sendiri memang berada di sekitar area sumur Zamzam. Pada zaman dahulu sumur zamzam memang terlihat jelas berada tak jauh dari Ka’bah. Area tersebut kini sudah dibongkar, sumur Zamzam tak lagi terlihat di area sekitar Mataf.

Baca juga: PT Kiblatain Jaya Wisata Dilaporkan Jamaah Atas Dugaan Penipuan

Yang ada di lantai dasar Masjidil Haram bukan lagi sumur zamzam, hanya jaringan pipa. Padahal dahulu, sebelum renovasi Makkah banyak orang mandi dan mencuci baju ihram pakai air sumur Zamzam. Pemandangan itu kini sudah tidak ada.

Namun kini, setelah renovasi sumur itu selesai, selama 10 hari terakhir Ramadhan, area ‘mataf’ akan bisa diakses untuk jamaah umrah hingga akhir doa sewaktu shalat malam (tahajud). Sementara lantai dasar Masjidil Haram telah dialokasikan khusus untuk itikaf.

LEAVE A REPLY