Diizinkan Mengemudi, 61% Perempuan Saudi Siap Berkendara

0
83
Kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang mengijinkan perempuan mengemudi disambut baik oleh masyarakat. (foto:ist)
Kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang mengijinkan perempuan mengemudi disambut baik oleh masyarakat. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Masyarakat Arab Saudi menyambut dengan gembira kebijakan Raja Salman bin Abdul Aziz yang mulai mengijinkan perempuan di Arab Saudi untuk mengemudi mulai tahun 2018. Kebijakan ini dikeluarkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi pada September 2017 lalu dengan Raja Salman secara langsung memerintahkan reformasi dalam keputusan kerajaan agar lisensi mengemudi diberikan mulai tahun 2018 pada perempuan.

Hasilnya hingga saat ini, sekitar 61% wanita Saudi siap untuk mengemudi mulai bulan Juni mendatang saat lisensi mengemudi telah mereka terima.

Bahkan dalam sebuah Survey yang disampaikan dalam sebuah konferensi di Riyadh pada Senin (16/04) lalu yang berjudul “Berkendara Dengan Aman”, mendapati bahwa hanya 9% wanita Saudi yang belum memutuskan untuk mengemudi.

Dari berbagai alasan mengemudi yang diperoleh dalam survey tersebut, 48% dari perempuan Saudi mengatakan bahwa mereka perlu pergi ke tempat kerja dan 18% mengatakan mereka ingin mengemudi untuk membawa anak-anak mereka ke sekolah.

Survei ini juga mengungkapkan bahwa sekitar 50% wanita memiliki pengetahuan tentang keamanan lalu lintas. 

Wakil Menteri Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial Tamador Al-Rammah, mengatakan bahwa keputusan untuk mengizinkan perempuan mengemudi datang pada saat yang tepat.

“Mengemudi diperlukan bagi wanita untuk memenuhi perubahan keadaan hidup,” kata dia sepertei dikutip di laman saudinesia.co, Jumat (20/04).

Rammah mengatakan fase berikutnya merupakan titik balik dalam kehidupan wanita Saudi dan meminta mereka untuk tidak memperhatikan sinisme pria tentang wanita yang mengemudi

 

 

LEAVE A REPLY