Pemerintah Dorong Produsen untuk Menerapkan Good Manufacturing Practice (GMP)

0
27

sertifikasi-halal-sebagai-upaya-strategis-dalam-menyajikan-produk-untuk-masyarakat-_140611203411-847HAJIUMRAHNEWS – Sertifikasi halal pada setiap produk sangatlah penting, terutama bagi umat Islam. Apalagi tinggal di negeri Indonesia dengan mayoritas beragama Islam. Dengan adanya cap halal pada produk tertentu, kita pun akan merasa nyaman ketika hendak mengonsumsinya.

Dengan munculnya Undang-undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) tahun 2014, pemerintah memang terus menggenjot setiap produk untuk mendapatkan sertifikasi halal. Bahkan, pemerintah tengah menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah Jaminan Produk Halal (RPP JPH), dengan mengerahkan pihak dari MUI, Kementerian Agama, dan Kementerian kesehatan.

Salah satu produk yang terus digenjot agar produsennya memperhatikan sisi kehalalalan ini adalah farmasi atau obat-obatan. Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Linda Maura Sitanggang menjelaskan, saat ini Kementerian Kesehatan sedang mendorong produsen obat-obatan untuk menerapkan standar Good Manufacturing Practice (GMP) yang sejalan dengan standardisasi produk halal.

“Obat-obatan merupakan produk yang ketat regulasi dan harus memenuhi standar tinggi seperti kriteria keamanan, mutu, dan manfaat,” ujar Lindah.

Untuk kehalalan obat dan alat kesehatan, kata Linda, Kemenkes sudah mengajukannya dan akan diatur dengan perpres tersendiri.

Menurut Linda, kendala terbesar dalam penyediaan obat-obatan yang halal adalah sedikitnya ketersediaan obat halal itu sendiri sehingga masih banyak masyarakat mengonsumsi obat-obatan yang belum diketahui kehalalannya.

“Kendala terberat jika obat yang dibutuhkan pasien dan masyarakat tidak tersedia. Tapi setiap obat sudah dapat dipastikan aman, bermutu, dan bermanfaat karena itu kriteria dan standar universal,” jelas dia.

Linda menyarankan agar masyarakat sebaiknya selalu teliti dalam memilih obat dengan memastikan izin edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan penandaannya, baik tanggal produksi dan kadaluwarsanya. (Kunkun)

 

LEAVE A REPLY