Hasan Gaido Ajak Mahasiswa Gunakan Media Digital Untuk Kembangkan Usaha

0
205
Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council dan Founder Gaido Group Muhammad Hasan Gai
Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council dan Founder Gaido Group Muhammad Hasan Gai

HAJIMRAHNEWS-Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, banyak bisnis yang semakin berkembang karena tersedianya teknologi pendukung. Pemanfaatan teknologi yang saat ini sedang trend salah satunya adalah media digital marketing.Digital Marketing adalah salah satu strategi pemasaran untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media internet yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

“Internet telah menjadi salah satu hal penting dalam bisnis terutama dalam pemasaran atau marketing. Evolusi strategi pemasaran melalui konten di media digital seperti website maupun media sosial telah menjadi cara baru untuk mencapai target dan mendapatkan pelanggan yang tepat. Ini karena Mereka dapat melihat dan membaca melalui RSS feed, blog, infografis, video, dan bentuk konten digital lainnya.,” kata Presiden Indonesia Business Council Muhammad Hasan Gaido saat Seminar “Peluang Praktek Wirausaha di Media Sosial,” di Pesantren Dzikir Al-Fath Sukabumpi pada Sabtu (31/03).

Dihadapan 100 mahasiswa peserta seminar Hasan menerangkan bahwa  untuk mengembangkan bisnis melalui media digital maka harus dipahami konsep AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action), khususnya dalam proses memperkenalkan produk atau jasa ke pasar (konsumen).
“Awareness atau kesadaran artinya sebagai pemasar kita membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di berbagai online dan elektronik. Setelah produk diketahui oleh pasar maka Ketertarikan (Interest) akan muncul. konsumen pun akan mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari Google, Yahoo,dll dan jejaring sosial facebook, twitter, dan instagram,” ujar Hasan.
Hasan melanjutkan setelah dua hal tadi terbentuk barulah Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa. “Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web. Setelah itu barulah di tahp akhir yaitu tahap Action sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa,” tutur Hasan.
Konsep AIDA ini, kata Hasan, telah dilakukan oleh Gaido Group sejak lama bahkan sejak sebelum era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dimulai. Ini karena Sebagai pebisnis, kita harus bisa membaca arah perubahan teknologi khususnya shifting  dari sistem offline ke sistem online yang terjadi begitu cepat.
“Jadi disaat banyak usaha yang tertekan dan bahkan tutup saat pola konsumsi masyarakat beralih ke sistem online. Kami di Gaido Group sudah sangat siap. Makannya hingga kini Gaido Group terus bertahan dan berkembang,” papar Hasan yang juga CEO dan Founder dari Gaido Group.
Hasan pun mengajak para Mahasiswa yang hadir untuk lebih peka dan melek terhadap perkembangan teknologi yang ada dan memanfaatkan media teknologi sebagai peluang untuk membuka serta mengembangkan usaha.
“Jadi intinya teknologi ini akan terus berubah dengan sangat cepat. Maka Anda sebagai mahasiswa jangan hanya terjebak dalam arus perubahan ini, justru kita harus bisa melihat apa yang bisa kita manfaatkan dari perkembangan teknologi ini,” jelas Hasan.

 

LEAVE A REPLY