IAIN Syekh Nurjati Siap Dukung Indonesia Jadi Sentral Ekonomi Syariah Dunia

0
322
Presiden ISABC bersama Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh NUrjati Cirebon. (foto:abi/hun)
Presiden ISABC bersama Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh NUrjati Cirebon. (foto:abi/hun)

HAJIUMRAHNEWS- Potensi besar ekonomi syariah Indonesia nyatanya tak diikuti dengan grafik pertumbuhan yang menggembirakan. Bagaimana tidak, di sektor perbankan syariah saja pangsa pasar keuangan syariah terhadap industry perbankan hanya berada di kisaran 5,3%, kalah jauh dari Malaysia dengan 23,8% dan Arab Saudi dengan 51,1%.

Padahal Indonesia merupakan Negara dengan populasi muslim terbesar di dunia dengan mayoritas 85,2% atau 224 juta lebih warganya beragama Islam. Namun hingga kini Indonesia masih hanya menjadi target pasar Negara lain di segmen ekonomi Syariah.

Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council Muhammad Hasan Gaido  menyatakan fakta di atas didasari karena ketiadaan para pemain besar di pasar ekonomi syariah tanah air. Selain itu, kurangnya sinergi antar lembaga dan minimnya edukasi sejak dini menjadi faktor yang membuat pertumbuhan ekonomi syariah tanah air sangat lambat.

“Khusus hal ini Sinergi antara akademisi muslim dengan pelaku bisnis syariah di era pasar global seperti saat ini adalah sebuah keniscayaan. soalnya dunia bisnis syariah sangat bergantung pada sumberdaya manusia yang dimiliki maupun lulusan perguruan tinggi yang berkualitas,” ujar Hasan alam sebuah seminar kewirausahan bertajuk ‘Membangun Generasi Emas Sejati Melalui Pengembangan Kewirausahaan dan kemandirian Mahasiswa’ IAIN Syekh Nurjati Cirebon,

Untuk itu, CEO dan Founder Gaido Group ini berharap IAIN Syekh Nurjati Cirebon, sebagai salah satu institusi pendidikan Islam yang terus menghasilkan generasi muslim berkualitas bisa menjadi salah satu pioniir di kalangan akademisi untuk mendorong pertumbuhan perekonomi syariah di Indonesia.

“Karena saya yakin jika ada sinergi yang kuat antara civitas akademika dan dunia usaha dalam hal ekonomi syariah, Indonesia punya modal utama untuk menobatkan diri sebagai sentral ekonomi syariah dunia. Hal ini sudah jadi mimpi saya dan mimpi kami di Gaido Group,” papar Hasan

Menanggapi hal ini, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Ilman Nafian menyambut baik ide untuk menjadikan Indonesia sebagai sentral ekonomi syariah dunia.

“Modal besar kita adalah mayoritas kita itu muslim dan populasinya terbanyak di dunia. Sudah pasti tentunya kami dari IAIN Syekh Nurjati sangat mendukung sekali agar Indonesia menjadi sentral ekonomi syariah dunia ini,” tutur Ilman.

Ilman mengatakan IAIN Syek Nurjati sejauh ini memang telah menyeru agar mahasiswanya selalu mengintegrasikan nilai-nilai syariat Islam dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam wirausaha.

“Ekonomi syariah ini kan ajaran dan anjuran Islam itu sendiri yang sudah ada dalam Al-Quran dan diajarkan Rasulullah. Karenanya kita semampu dan sekuat tenaga selalu mengajak mahasiswa agar melakukan segala hal berdasar nilai nilai syariah islam,” ujar Ilman

Ilman menjelaskan bahwa salah satu untuk mendorong perkonomian syariah di lingkungan akademisi IAIN Syekh NUrjati adalah dengan selalu memotivasi para mahasiswa melalui seminar-seminar bertajuk wirausaha dan ekonomi syariah.

“Karena bagaimanapun mereka perlu figure, perlu contoh, perlu dorongan dan dasar bagaimana untuk melakukan dan memulainya,” jelas dia.

Bahkan beberapa waktu kedepan, pihaknya melalui Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan berencana akan mendirikan klinik wirausaha temoat para mahasiswa ini menimba ilmu dan merasakan pengalaman langsung berwirausaha dengan bimbingan para alumnus yang telah berhasil didunia ini.

“Jadi saya yakin berwirausaha di era sekarang itu lebih mudah dan bebas bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Mudah-mudahan nanti melalui klinik wirausaha banyak mahasiswa kami yang   juga jadi pengusaha muslim sukses dan terus mendorong perekonomian syariah tanah air,”tutupnya.

 

LEAVE A REPLY