Hasan Gaido Ajak Mahasiswa IAIN Cirebon Jadi Enterpreneur Syariah Muda

0
346
Sesi foto CEO Gaido Group Muhammad Hasan Gaido bersama Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati. (foto:abi/hun)
Sesi foto CEO Gaido Group Muhammad Hasan Gaido bersama Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati. (foto:abi/hun)

HAJIUMRAHNEWS-Di era globalisasi dan tantangan Masyarakat Ekonomi Asean ini, ‘melek’ bisnis menjadi sebuah keharusan. Bagaimana tidak, persaingan ekonomi global menuntut banyak orang untuk terlibat menjadi praktisi entrepreneurship. Dengan kata lain, profesi apapun, musti dibarengi atau dibekali dengan jiwa dan skill entrepreneurship.

Begitulah kira-kira seruan dari seorang Muhammad Hasan Gaido, CEO dan Founder dari Gaido Group yang membawahi 23 perusahaan kepada para mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam sebuah seminar kewirausahan bertajuk “ Membangun Generasi Emas Sejati Melalui Pengembangan Kewirausahaan dan kemandirian Mahasiswa” di Cirebon, pada Kamis (29/03)

Dihadapan 400 mahasiswa yang hadir, Hasan menjelaskan bahwa, Indonesia memiliki dua faktor utama penggerak ekonomi syariah. Pertama, jumlah penduduk muslim yang mayoritas. Kedua, adanya bonus demografi pada 2025-2035, yang berpotensi menghasilkan masyarakat kelas menengah.

“Peningkatan kelompok ini didominasi oleh umat muslim yang kreatif yang menjadikan ekonomi syariah sebagai landasan dalam pengembangan ekonomi,” kata Hasan.

Buktinya, dalam lima tahun terakhir ini, perkembangan bisnis syariah kian marak. Sepintas yang menerapkan konsep syariah baru di bidang perbankan, asuransi, micro finance, pariwisata, hingga pendidikan. “Padahal sejatinya, ada banyak usaha yang telah menerapkan konsep syariah dalam operasionalnya,” kata pengusaha asli Banten yang kini menjabat sebagai Presiden Indonesia-Saudi Arabia Business Council (ISABC) itu.

Menurutnya, bisnis merupakan peluang dasar yang kuat, maka harus menggunakan syari’at Allah Subhanahu Wata’ala (SWT). Sebab, aturan ataupun undang-undang manusia kapan saja bisa diganti, tapi firman Allah SWT tidak akan lapuk dimakan zaman.

CEO Gaido Group Hasan Gaido menyeru mahasiswa IAIN Syekh Nurjati untuk menanamkan mental pengusaha sejak dini. (foto:abi/hun)
CEO Gaido Group Hasan Gaido menyeru mahasiswa IAIN Syekh Nurjati untuk menanamkan mental pengusaha sejak dini. (foto:abi/hun)

Hasan mengajak semua mahasiswa generasi milenial muslim saat ini untuk terus menumbuhkan kesadara akan pentingnya gaya hidup berbasis syariah dan bahkan ikut berpartisipasi mendorong pertumbuhan ekonomi syariah dengan turut melakoni segmen bisnis syariah.

“Karena sebenarnya tak susah untuk memulai bisnis di syariah ini. Saya saja memulai dengan modal sangat minim dan mulai dengan 1 karyawan. Alhamdulillah sekarang dengan kemauan kuat dan atas ijin Allah selama 15 tahun perusahaan saya terus berkembang dan telah ada lebih dari 20 perusahaan saat ini,” tutur Hasan disambut antusias oleh para Mahasiswa.

Intinya, lanjut Hasan, asalkan mau memulai, punya keyakinan, punya kebanggan dan passion pada segmen syariah sisanya adalah keimanan dan tawakkal pada Allah, insyaAllah kita akan diberi jalan menuju kesuksesan.

“Jadi mulai tanamkan dalam diri jangan takut dan menjadikan gagal sebagai pilihan. Tanamkan pilihan sukses atau sukses, maka apapun kesulitan yang dihadapi pasti bisa dilalui.” papar Hasan.

Lakukan dulu apa yang ada dan bisa dilakukan, jangan pernah ngeluh. Bisnis itu dimulai dari hal kecil dimulai dari membina mental terlebih dahulu,” lanjutnya.

Hasan berpesan agar mahasiswa dan generasi milenial saat ini mampu menyadi betapa besar potensi ekonomi syariah Indonesia. Ia meminta agar menanamkan mental pengusaha sedari dini dan jangan mau hanya jadi pekerja.

“Jika semua mahasiswa muslim mau bahu membahu dan berinisiatif mendorong perkonomian syariah di Indonesia, saya yakin mimpi Indonesia, mimpi saya dan mimpi Gaido Group untuk menjadikan Indonesia sebagai sentra ekonomi syariah dunia bisa terwujud,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY