Pimpinan Abu Tours Ditetapkan Masuk DPO

0
106

gaet-konsumen-abu-tours-pernah-pasang-tarif-umrah-rp-9-juta-660x330HAJIUMRAHNEWS- Kepolisian Daerah Sumatera Selatan telah menetapkan Direktur Utama PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tours) masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Keputusan ini diambil setelah yang bersangkutan mangkir dari pemanggilan tim penyidik Polda Sumsel.

“Chief Executive Officer (CEO) Abutours and Travel Hamzah Mamba serta Kepala Cabang Palembang Ridwan Rasyid tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik,” ujar Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara di Palembang, Kamis (22/3).

Zulkarnain menegaskan  penetapan kedua nama di atas sebagai DPO adalah demi kemaudahan pencarian dan kelancaran proses hukum kedepannya. Ia juga mengungkapkan bahwa kasus Abu Tours ini, menurut laporan dari masyarakat bukan hanya sekedar penipuan. Namun bisa dikembangkan kea rah pencucian uang.

Saat ini pihak Polda Sumsel juga berkoordinasi dengan Mabes Polri untuk mengusut tuntas kasus Abu Tours ini. Menurut Zulkarnain hal ini karena korban Abu Tours sendiri berskala nasional dan hampir ada di setiap daerah. Ia juga menghimbau bagi masyarakat yang merasa telah menjadi korban Abu Tours agar segera mengadu ke posko pengaduan yang dibuka Polda setempat sejak pertengahan Februari 2018.

Zulkarnain menyebut, hingga saat ini Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel mencatat total ada 8.522 orang yang menjadi korban penipuan dan penggelapan Abutours dengan total kerugian mencapai Rp 109 miliar.

Pihak Polda Sumsel juga berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri aliran uang jamaah yang dihimpun Abu Tours selama ini.

Untuk mempercepat pengusutan kasus tersebut, diimbau kepada pimpinan Abutours yang dipangggil penyidik untuk segera memenuhi panggilan tersebut dan mempertanggungjawabkan segala perbuatannya sesuai dengan ketentuan hukum, kata Kapolda.

LEAVE A REPLY