Bank Syariah, Jangan Kulitnya Saja!

0
54
Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh
Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh

HAJIUMRAHNEWS – Sejak menjadi kawasan otonomi khusus, pemerintah Aceh terus berusaha menerapkan aturan-aturan syariah sebaik mungkin. Salah satunya adalah soal bank syariah. Sebagai Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, meminta kepada seluruh perbankan syariah di Aceh agar beroperasi sesuai dengan ketentuan perekonomian syariat Islam.

“Perbankan syariah agar tidak hanya sebatas kulitnya, tetapi benar-benar dalam praktiknya,” ujarnya saat menerima kunjungan Tim Komite IV Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di ruang Potensi Daerah Setda Aceh, Selasa (20/3).

Menurut Irwandi, setiap transaksi di perbankan syariah harus sesuai dengan ketentuan hukum-hukum syariat Islam. “Kita tidak mau kulitnya saja syariah tapi produk dan service-nya tidak sesuai,” ujarnya lebih lanjut.

Gubernur mengungkapkan, sejak hukum syariat Islam diterapkan di Aceh, kawasan ini berusaha secara bertahap dapat menerapkan syariat Islam itu dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam aspek ekonomi.

“Ekonomi Islam atau ekonomi syariah, tentu tidak asing dengan berbagai bentuk kearifan lokal Aceh yang terkait dengan hubungan muamalah antar sesama warga. Hal ini dikarenakan, nilai-nilai Islam sudah lebih dahulu menyatu dan integral dengan setiap gerak dan nafas masyarakat yang tercermin dari pola interaksi antara warga juga dalam adat istiadat dan tradisi masyarakat Aceh,” katanya.

Sejak munculnya Undang-Undang Nomor 21 tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah, Aceh memang terus “menyariahkan” segala bentuk perbankan konvensional. Salah satunya, pada Oktober 2017 pemerintah Aceh resmi mengkonversi Bank milik Pemerintah Aceh, yaitu Bank Aceh, menjadi Bank Aceh Syariah.

“Terima Kasih kepada Abu Doto, Gubernur pendahulu saya yang telah melakukan konversi ini,” jelas Irwandi.

Menurutnya, konversi Bank Aceh dari konvensional menjadi syariah telah mampu mendukung pertumbuhan kinerja perbankan syariah hingga mampu menembus angka psikologis 5 persen, dari total asset perbankan nasional.

Bank Aceh merupakan bank milik Pemerintah Daerah pertama yang beralih menjadi bank syariah.

“Saat ini, sejumlah Pemerintah Provinsi lain juga berkomitmen untuk mengikuti langkah konversi Bank Aceh. Di antaranya Pemprov Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat dan Riau,” ujarnya. (Kun)

 

LEAVE A REPLY