Saat Pelunasan BPIH, Calon Jamaah Diminta Waspadai Oknum

0
45
Biasanya banyak oknum yang menawarkan keberangkatan jamaah yang bisa dipercepat dari jamaah lainna saat menjelang pelunasan  BPIH. (foto:ist)
Biasanya banyak oknum yang menawarkan keberangkatan jamaah yang bisa dipercepat dari jamaah lainna saat menjelang pelunasan BPIH. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Menjelang masa pelunasan BPIH yang akan dimulai pada awal April mendatang, Kasubdit Pendaftaran Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Noer Aliya Fitra (Nafit) menghimbau agar calon jamaah haji waspada akan banyaknya oknum yang menawarkan calon jamaah haji agar bisa berangkat lebih dulu.

“Kalau ada orang-orang atau oknum yang menawarkan bisa berangkat lebih dulu dari jamaah lain, mohon jangan mudah percaya dan tertipu, ” ujar Nafit di Jakarta, Senin (19/3).

Nafit meminta kepada semua jamaah agar selalu berkomunikasi dengan Kantor Kemenag setempat bilamana kejadian tersebut terjadi atau dialami oleh jamaah. “Karena biasanya menjelang pelunasan begini suka ada informasi yang kurang benar atau hoaks terkait dengan pelunasan,” papr Nafit.

Nafit menuturkan proses pelunasan BPIH sendiri hanya boleh dilakukan oleh jamaah yang sudah diumumkan berhak melakukan pelunasan oleh Kemenag. Adapun prosesnya, calon jamaah harus terlebih dahulu dahulu melakukan pemeriksaan tim kesehatan di kabulaten/kota. Setelah itu, calon jamaah mendapatkan berita acara tentang isthithaah kesehatan haji sebelum akhirnya diperbolehkan untuk melakukan pelunasan BPIH tahap pertama.

Tahap pertama pelunasan BPIH ini, ujar Nafit, diprioritasikan  untuk jamaah haji reguler yang lunas tunda tahun sebelumnya dan jamaah haji urutan masuk kuota tahun ini yang belum berhaji, telah berusia 18 tahun, atau sudah menikah.

Adapun proses pelunasannya, Nafit mengatakan masih sama seperti tahun sebelumnya, yaitu melalui Bank Penerima Setoran  (BPS BPIH) yang sebelumnya telah ditetapkan Kemenag. Calon jamaah haji hanya perlu datang ke bank dan melakukan setoran lunas sambil membawa bukti setoran awalnya dulu. Setelah itu, calon jamaah bisa melakukan transfer ke rekening Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk pelunasan.

LEAVE A REPLY