Inilah Jurus OJK Genjot Ekonomi Syariah

0
128

OJK-1-696x359HAJIUMRAHNEWS – Agar ekonomi syariah semakin tumbuh di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menggenjot sektor ini dengan berbagai cara, salah satunya lewat pasar modal.

Andry Wicaksono, Kepala Sub Bagian Hubungan Kelembagaan Direktorat Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengatakan bahwa pihaknya telah meningkatkan sektor keuangan syariah dengan menjamin keamanan investasi reksadana.

“Caranya dengan selektif dalam memilih saham syariah yang bakal ditawarkan kepada calon nasabah reksadana,” ujarnya.

Langkah pertama yang dilakukan OJK adalah menerbitkan Daftar Efek Syariah (DES). Selanjutnya, diambil teman-teman bursa itu dibuat dalam Indeks Saham Syariah Indonesia.

“Setelah itu ada sekitar 300-an diambil dan diurutkan 1 sampai 300 berdasarkan market cap, atau nilai paling besar dari perusahaan,” ungkapnya dalam ‘Bincang Santai Investasi Syariah, di Komplek Kementerian Keuangan, Jakarta, Sabtu (10/3/2018).

Dari 300 saham tersebut, kata dia, kemudian diambil 60 saham syariah dengan market cap terbesar.

“Setelah itu urutan 61 ke bawah dibuang, di ambil 60 saham syariah dengan market cap terbesar,” ujar dia.

Tak berhenti di situ, ke-60 saham syariah tersebut diseleksi lagi untuk ditemukan 30 saham syariah yang benar-benar liquid (cair) untuk ditawarkan kepada calon nasabah reksadana.

“Dicari lagi yang liquid. Volume transaksinya paling besar, sering ditransaksikan oleh orang, dapatlah 30 yang kemudian dimasukkan dalam kelompok Jakarta Syariah Index,” ujar dia.

 

LEAVE A REPLY