Menag Ungkap Dua Tantangan Penyelenggaraan Haji Tahun 2018

0
124
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (foto:ist)
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebut ada dua tantangan utama dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Tantangan pertama menurut Menag adalah mempertahankan kinerja dan prestasi positif penyelenggaraan haji seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Setidaknya kita pertahankan yang baik-baik itu,”kata Menag saat menjadi Narasumber pada talkshow Jagong Masalah Umrah dan Haji, Kamis (8/3) di Jakarta.

Tantangan kedua, adalah meningkatkan hal-hal yang masih belum dinilai baik. Bagi Menag Lukman, pelayanan yang dinilai masih belum baik agar ditingkatkan menjadi sesuatu yang memuaskan, dan ini lebih berat lagi.

“Publik selalu menanyakan perubahan pelayanan haji tahun ini dengan tahun lalu. Apa yang meningkat? Pertanyaan-peratanyaan publik seperti itu yang perlu dijelaskan,” kata Menag.

Menag mencontohkan, penyediaan makan bagi jemaah haji di Makkah bertambah atau naik dari tahun lalu sebanyak 25 kali, dan tahun sekarang sebanyak 40 kali.

Menag juga mengingatkan jajarannya agar lebih cermat dan teliti dalam melaksanakan pemvisaan jemaah haji yang sekarang sudah dilaksanakan di Kemenag.

“Koordinasi betul-betul, cermat, teliti, proses pemvisaan berjalan sebagaimana ketentuan yang ada. Jangan sampai pengurusan visa jemaah semrawut,” tegas Menag.

“Saya tekankan, terkait visa jemaah betul-betul menjadi sesuatu yang sangat penting,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY