Pertama Kali di Dunia, Ibadah Umrah Sambil Touring ala Muslim Bikers Indonesia

0
2255
Press Conference Umrah Bikers dari Muslim Bikers Indonesia. (foto:abi/hun)
Press Conference Umrah Bikers dari Muslim Bikers Indonesia. (foto:abi/hun)

HAJIUMRAHNEWS-Touring atau melakukan perjalanan wisata dengan motor telah menjadi tren yang sangat diminati masyarakat khususnya komunitas bikers yang kini mulai menjamur di pelosok negeri. Sensasi menempuh perjalanan ratusan kilo meter dan bertemu dengan berbagai kultur berbeda di berbagai tempat selama perjalanan menjadi kesenangan tersendiri bagi para bikers. Apalagi jika perjalanan touring ini dibumbui dengan beragam macam hal positif, tentunya  ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri dan memberi kesan yang tak terlupakan.

Seperti yang dilakukan komunitas Muslim Bikers Indonesia (MBI). Komunitas bikers yang berdiri sejak Oktober 2017 dan telah memiliki lebih dari seribu anggota ini pada tanggal 21 Maret mendatang akan melaksanakan Umrah Bikers, perjalanan touring sembari melaksanakan ibadah umrah.

Sekretaris Jenderal MBI Ari Wibowo mengatakan kegiatan Umrah Bikers ini merupakan satu bentuk touring yang dikemas dengan wajah yang berbeda dari touring pada umumnya. Ia bersama bikers dari MBI ingin menyajikan sebuah perjalanan tour dibarengi dengan nilai-nilai ibadah.

 “Melalui umrah bikers kami dari MBI ingin menampilkan bahwa kegiatan touring atau ridding tak melulu soal  jalan-jalan bareng keliling Eropa, happy-happy dan lainnya. Tapi juga ada aspek bareng dalam ibadah, apalagi ini ibadah umrah,”kata Ari saat sesi jumpa pers Umrah Bikers di Saba Resto-Jakarta, Sabtu (3/3).

“Karena kita kan memang orang muslim, tujuannya selain  melaksanakan Ibadah Umrah, kita juga bisa menelusuri sejarah dan siroh perjalanan Rasul disana sambil ridding (berkendara .red) dengan suasana gurun pasir yang benar benar kita pengen merasakan sensasinyaa itu seperti apa. Kita juga berbangga bisa ridding kesana sekaligus ibadah,” lanjutnya.

Ari menuturkan salah satu hal yang menjadi tantangan dan kesulitan bagi MBI untuk melaksakan umrah bikers adalah terkait perijinan. Hal ini karena kegiatan umrah bertajuk ridding ini memang belum pernah diadakan sebelumnya. Proses perijinan dari Pemerintah Arab Saudi ini bahkan memakan waktu hingga berbulan-bulan.

“Jadi Alhamdulillah kami ini Muslim Bikers jadi komunitas bikers pertama yang bisa melaksanakan ibadah umrah sambil touring. Ini juga sebenernya seperti trial, jadi kalo Pemerintah Arab Saudi melihat kegiatan ini sebagai kegiatan positif pemerintah pun bisa jadi akan semakin terbuka untuk memberikan ijin komunitas lainnya menggelar hal serupa. Sebaliknya, jika meninggalkan kesan negative kemungkinan besar akan di stop,” papar Ari.

“Makannya kita memang harus sangat hati hati dalam hal attitude agar tak menimbulkan kesan negatif,” sambungnya.

(kiri ke kanan) Ketua Umum MBI Humam Syarif Alkatiri, Humas MBI Aldha Reza, Sekjen MBi Ari Wibowo. (foto:abi/hun)
(kiri ke kanan) Ketua Umum MBI Humam Syarif Alkatiri, Humas MBI Aldha Reza, Sekjen MBi Ari Wibowo. (foto:abi/hun)

Selain soal perijinan, kata Ari, tantangan lainnya adalah penyedian kendaraan motor untuk digunakan. Ia mengungkapkan bahwa Arab Saudi berbeda dengan Negara lainnya dimana pengunjung bisa menggunakan jasa penyewaan motor.

“Di Arab Saudi itu gak ada sewa motor, krn peraturan juga disana gabisa ada penyewaan motor kecuali jika ada orang yang punya motor terus pinjemin. Makannya kita disini tuh tantangannya luar biasa. Tapi Alhamdulillah kita dikasih kepercayaan dan dipinjamkan motor oleh owner nya langsung. Makannya ini sesuatu yang luar biasa bagi kita MBI bisa diberi kepercayaan oleh warga di Arab Saudi sana,” ungkap Ari.

Ari berharap melalui kegiatan Umrah Bikers ini mampu mengangkat nama bikers Indonesia di mata dunia. Ia bersama MBI juga ingun menunjukan bahwa bikers bukanlah hal negatif. Bikers bisa melakukan hal-hal positif terutama dalam hal ibadah tapi  tanpa melupakan jati diri sebagai bikers.

“Mudah-mudahan kita juga bisa memberikan contoh baik karena kita membawa tonggak nama Indonesia. Kita berharap kegiatan ini bisa terus terlaksana dan bisa bersama-sama membesarkan nama Indonesia,” pungkasnya.

Umrah Bikers sendiri akan dilaksanakan dari tanggal 21-28 Maret 2018 dan diikuti oleh 20 peserta termasuk Ketua Umum MBI Umam Syarif Alkatiri dan Pembina MBI Ust Subhan Bawazier. ke 20 Biker yang akan mengendarai Motor Besar ini akan mengunjungi  City of Rays, City of Badr, Makam Syuhada Badr, Masjid ‘Arisy, Masjid dan sumur Ruha’a, Masjid Quba, Museum Stasiun Turki Usmani, Benteng dan Sumur Urwah bin Zubeir, Taman Raja Fahd, Lokasi perang dan Makam Syuhada Uhud, Mantiqoh Baidho, serta Suwalah Farm.

 

LEAVE A REPLY