Tobu World Square Juga Menyediakan Mushola dan Restoran Halal

0
172
Salah satu miniatur di Tobu World Square Jepang
Salah satu miniatur di Tobu World Square Jepang

HAJIUMRAHNEWS – Anda ingin berkeliling dunia, tapi tak punya uang yang cukup? Datang saja ke Tobu World Square yang ada di Jepang, Anda akan dimanjakan dengan berbagai miniatur dari tempat rekreasi, gedung atau bangunan bersejarah yang ada di dunia.

Tobu World Square adalah sebuah taman tematik yang berisi miniatur bangunan terkenal dan bersejarah dari seluruh penjuru dunia.  Ada sekitar 102 bangunan terkenal di dunia, termasuk 46 situs warisan dunia yang ada di sana.

Selain itu, ada sekitar 170 varietas bunga mawar alpine yang sedang mekar. Musim puncaknya adalah dari akhir April sampai akhir Mei, saat taman itu dipenuhi bunga merah, pink, dan kuning.

Salah satu miniatur yang ada di Tobu World Square adalah Stasiun Tokyo, Tokyo Dome, hingga Tokyo Sky Tree. Miniaturnya dibuat dengan bentuk yang sangat presisi dalam skala 1/25 dari ukuran sebenarnya, lengkap dengan miniatur manusia. Hal itu membuat miniatur menjadi semakin terlihat nyata.

Seolah-olah ada yang sedang beraktivitas di miniatur itu. Dengan posisi foto yang tepat, bangunan itu sama sekali tidak seperti miniatur.

Pada miniatur Tokyo Dome, Anda bahkan bisa mendengar suara hiruk pikuk serunya sorakan penonton yang menyaksikan pertandingan olahraga. Tentu saja, suara itu merupakan rekaman yang dipasang di miniaturnya. Namun rekaman suara itu membuat miniatur Tokyo Dome menjadi seperti sungguhan.

“Mari, saya tunjukkan hal keren lainnya,” ujar salah seorang pegawai di taman tematik itu.

Pria itu lantas memasukkan sebuah kartu ke mesin yang ada di dekat miniatur Yokohama Internasional Port Terminal. Pada miniatur itu, digambarkan banyak orang yang sedang berdiri di pelabuhan dan kapalnya. Setelah kartu dimasukkan ke mesin, miniatur angkatan laut yang memegang alat marching band langsung bergerak seolah sedang memainkan alat musik.

Selain bangunan Jepang, ada juga miniatur bangunan dari negara lain. Dari mulai bangunan Amerika seperti White House, Patung Liberty, dan Gedung World Trade Center, sampai bangunan Eropa seperti Menara Eiffel. Semua itu bisa kita lihat hanya dengan berjalan kaki saja. Anda bisa puas ‘berkeliling dunia’ hanya dengan berada di Tobu World Square.

Mushola yang ada di Tobu World Square Jepang
Mushola yang ada di Tobu World Square Jepang

Daya tarik lainnya dari Tobu World Square adalah tempatnya yang ramah terhadap pengunjung muslim. Mereka punya mushala kecil yang bisa digunakan untuk shalat. Mushala dan tempat wudhu untuk laki-laki dan perempuan dibuat terpisah.

“Bila ingin menggunakan tempat shalat ini, tinggal ke bagian informasi dan katakan mau menggunakan ruangan ini. Nanti akan diberikan kunci dan alat shalat,” ujar Naoko Ohara, pemandu di Tobu World Square.

Tidak hanya itu, Tobu World Square juga memiliki restoran yang menyediakan makanan halal. Nama restorannya adalah Heian. Anda bisa memesan mie udon hangat di restoran itu. Dalam satu set udon, Anda mendapat semangkuk besar udon kuah hangat, tempura, tahu, rumput laut, dan juga kecap asin.

Yang jelas, berkunjung ke Tobu World Square tidak hanya membuat Anda serasa sedang keliling dunia, sebagai muslim Anda juga nyaman karena disediakan tempat shalat dan restoran halal.

Untuk bisa masuk melihat miniaturnya, Anda harus mengeluarkan uang untuk tiket sebesar 2.800 Yen per orang. Sementara, harga udonnya sebesar 1.600 Yen.

Satu lagi, Anda juga diberikan kebebasan untuk memotret keadaan sekitar asalkan ada jarak minimal yang diizinkan petugas antara Anda dengan objek yang akan Anda foto. Selain itu, ada banyak petugas (guide) yang bersedia menjelaskan kepada Anda mengenai lokasi, sejarah, atau kisah di balik miniatur tersebut.

Anda ingin keliling dunia? Datanglah ke Tobu World Square! (Kun)

LEAVE A REPLY