Sehari dibuka, 112 Orang Lakukan Pembatalan Haji

0
30
Jutaan Jamaah haji berkumpul di Sekitar Ka'bah. (foto:ist)
Jutaan Jamaah haji berkumpul di Sekitar Ka’bah. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Pelayanan pembatalan pendaftaran haji regular dibuka kembali per hari Selasa (06/02) setelah sempat ditutup sekitar 20 hari pasca pengalihan rekening dana haji dari Menteri Agama ke rekening Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Penutupan layanan pembatalan pendaftaran haji reguler disebabkan karena regulasi pembatalannya saat itu sedang proses pembentukan.

Kepala Sub Direktorat Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler, Noer Alya Fitra (Nafit) menyebutkan setelah Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 60 Tahun 2018 terbit, maka pelayanan pembatalan pendaftaran haji kembali dibuka di seluruh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

“Pedoman pembatalan sudah terbit, maka kami kembali membuka layanan di Kemenag kabupaten/kota,” ujar Nafit di kantornya Gedung Siskohat Lantai 1 Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta Pusat, Selasa (06/02).

Saat ini proses pembatalan pendaftaran haji tetap melalui Kementerian Agama sedangkan proses pembayaran BPIH menjadi kewenangan BPKH.

“Proses pembatalan tetap melalui Kemenag dengan syarat yang tidak ada perubahan, tetapi pengembalian BPIH setoran awal maupun setoran lunas menjadi tanggung jawab BPKH. Secara waktu pembatalan lebih cepat meskipun proses melalui dua lembaga,” imbuh Nafit.

Sedangkan menurut pemantauan Kepala Seksi Pengembangan Database Haji, Nurhanudin, dari aplikasi Siskohat sampai dengan pukul 12.00 WIB terbaca sudah ratusan orang mengajukan pembatalan.

“Proses pembatalan hari pertama lancar, tidak ada hambatan yang disampaikan Kemenag Kabupaten/Kota. Dari system kami terbaca sudah 112 di entry batal per pukul 12.00 WIB,” ujar Nurhanudin melalui pesan singkatny

LEAVE A REPLY