Lebih 200 Masjid di Inggris Gelar Kampanye ‘Open Doors to Neighbors’

0
56
Masjid Raya London Timur, salah satu masjid yang membuka diri bagi warga non-Muslim di acara tahunan 'Open Doors to Neightboor'. (foto:ist)
Masjid Raya London Timur, salah satu masjid yang membuka diri bagi warga non-Muslim di acara tahunan ‘Open Doors to Neightboor’. (foto:ist)

HAJUMRAHNEWS-Dewan Muslim  Inggris (Muslim Council Britania/MCB) berencana untuk menggelar kampanye ‘Open Doors to Neighbors’ dengan membukakan lebih dari 200 pintu masjid untuk memberikan akses terbuka bagi siapapun yang hendak mempelajari Islam lebih dalam.

“Sebagian besar masjid memiliki kebijakan pintu terbuka dan siapapun bisa masuk kapan saja sepanjang tahun. Kunjungi Masjid ini adalah sebuah inisiatif dan pertam akalinya melibatkan banyak masjid di Inggris, “ kata seorang panitia penyelenggara, Harun Khan, seperti dilansir dari publikasi Yorkshire Post, Rabu, (31/01/2018).

Program tahunan  ini secara terbuka mengundang semua orang dari semua latar belakang untuk bisa hadir dan berdiskusi tentang dunia ke-Islaman saat ini. Kampanye yang akan mulai berjalan 18 Februari 2018 dilakukan untuk menjalin hubungan yang lebih baik antara komunitas muslim di Inggris dengan semua elemen masyarakat serta untuk menghilangkan berbagai kesalahpahaman tentang Muslim Inggris.

Program ini akan melibatkan para tokoh ulama di Inggris dan beberapa Komunitas Muslim lainnya. Mereka akan menyambut siapapu yang datang dengan jamuan hangat sambil minum the dan biscuit yang telah disediakan oleh panitia pelaksana. Setiap orang yang datang akan dibekali wawasan tentang kejadian sehari-hari di pusat ibadah Muslim, masjid-masjid di Inggris.

Penyelenggaraan tahun ini, menurut Harun dirasa makin relevan dengan ‘naiknya sentimen anti-Islam dan antipendatang’ di sejumlah negara Barat. Nantinya para pengunjung bisa mendengar azan, melihat secara langsung pelaksanaan salat berjamaah, dan mengajukan aneka pertanyaan ke imam atau ke pengurus masjid.

Untuk diketahui , Islam di Inggris adalah agama non-Kristen terbesar, dengan sebagian besar pemeluknya adalah imigran dari Asia Selatan khususnya Bangladesh, Pakistan, dan India atau keturunan imigran dari wilayah itu. Banyak juga yang berasal dari wilayah yang didominasi oleh umat Muslim seperti Timur Tengah, Afghanistan, Malaysia, dan Somalia. Sementara jumlah kecil lainnya berasal dari negara-negara sub-Sahara Afrika negara-negara seperti Nigeria, Uganda dan Sierra Leone.

Menurut sensus tahun 2011, sejumlah 2,7 juta Muslim tinggal di Inggris dan Wales. Jumlah ini naik hampir 1 juta dari sensus sebelumnya. Persentase Muslim di Inggris adalah 5% dari total penduduk dan 9,1% diantaranya adalah anak di bawah usia lima tahun

 

LEAVE A REPLY