Awal Februari, Kemenag Serahkan Hasil Audit dan Investigasi Abu Tours

0
221

HAJIUMRAHNEWS- Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan hasil dari audit dan investigasi terhadap biro perjalanan haji dan umrah Abu Tours yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama akan diserahkan awal bulan Febaruari 2018.

“Jadi tim dari Ditjen Haji dan Umrah Kemenag itu masih melakukan audit investigasi hingga hari ini. Dan nanti hasilnya itu juga akan diserahkan kepada penyidik. Hasil itu akan menjadi dasar kita dalam menindaklanjuti penyelidikannya,”kata Dickydi Makassar, Selasa, (30/1).

Menurut Dicky, hasil audit ini akan menjadi acuan bagi tim penyidik Polda Sulsel untuk menindaklanjuti kasus mangkraknya pemberangkatan sebanyak 27 ribu jamaah umrah dari Abu Tours. Ia mengatakan bahwa kepolisian juga telah melakukan penyidikan dan pemeriksaan terhadap saksi dari pihak pelapor dan korban dari Abu Tours.

Meski begitu, Dicky mengaku untuk saat ini pihak Polda Sulsel masih belum bisa menetapkan status Abu Tours. Karena hingga akhir penyidikan, pihak Abu Tours mengaku masih sanggup melakukan pemberangkatan jamaah secara bertahap pada pertengahan Februari mendatang.

“Nanti kita lihat di tanggal 10 Februari, apakah pihak Abu Tour sesuai janjinya memberangkatkan jamaahnya atau tidak. Kalau tidak diberangkatkan, maka izinnya kemungkinan akan dicabut dan proses hukum akan berjalan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Tim berisikan 5 orang dari Direktorat Jenderal Haji dan Umrah Kementerian Agama melakukan audit dan investigasi lanjutan terhadap biro perjalanan PT Amanah Bersama Ummat (Abu Tour) atas kasus mangkraknya pemberangkan sebanyak 27 ribu jamaah umrah nya ke tanah suci.

Audit ini dilakukan atas dasar laporan polisi (LP) dari seorang jamaah Abu Tour  yang mencium  adanya kejanggalan dalam proses terjadinya penundaan pemberangkatan tersebut.

LEAVE A REPLY