Pangeran Muhammad bin Salman Apresiasi Dukungan Indonesia dalam Penyelenggaraan Haji

0
35
Pertemuan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin saat pertemuan bersama Pangeran Muhammad bin Salman pada awal November lalu. (foto:kemenag)
Pertemuan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin saat pertemuan bersama Pangeran Muhammad bin Salman pada awal November lalu. (foto:kemenag)

HAJIUMRAHNEWS-Pangeran Muhammad bin Salman mengapresiasi dukungan dan kerjasama Indonesia dalam penyelenggaraan ibadah haji 1438H/2017M.

Apresiasi ini disampaikan melalui surat balasan Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Kerajaan Arab Saudi Shalih Bin Abdul Aziz kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Pangeran Muhammad bin Salman melalui surat Menteri Urusan Islam Saudi Arabia memberikan perhatian khusus atas surat Kementerian Agama,” terang Menag di Jakarta, Selasa (30/01).

“Pangeran menyampaikan penghargaan atas dukungan dan kerjasama yang baik dari Pemerintah Indonesia dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2017,” sambungnya.

Menurut Menag, Pangeran Muhammad  juga merespon dukungan Indonesia dalam penguatan moderasi Islam dan menangkal ekstrimisme. Hal itu penting bagi terciptanya perdamaian dunia dan reformasi kebangkitan Saudi menuju negara moderat. Juga dalam peningkatan kualitas layanan haji dan dua tanah suci.

“Saudi membuka diri untuk bekerjasama intensif dengan Indonesia dalam perbaikan layanan haji dan penguatan moderasi Islam,” ujarnya.

Awal November 2017, Menteri Agama bersurat kepada Pangeran Muhammad bin Salman. Menag menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Saudi atas sukses penyelenggaraan haji 2017.

Menag menilai banyak peningkatan layanan yang dilakukan Pemerintah Saudi. Kuota juga sudah kembali normal seiring hampir selesainya renovasi Masjidil Haram.

Dalam surat tersebut, Menag juga menyambut baik dan mendukung reformasi yang sedang berlangsung di Saudi, utamanya terkait moderasi Islam dan hak-hak perempuan.

“Indonesia siap bekerja sama dengan Saudi dalam pengembangan moderasi Islam dan penciptaan perdamaian global, utamanya di Timur Tengah,” ujarnya.

“Diplomasi ini menjadi upaya Kemenag meneguhkan kerjasama bilateral dengan Saudi yang sudah terjalin baik selama ini,” tandasnya.

 

LEAVE A REPLY