Pekan Ini Pakistan akan Memilih Calon Jamaah Haji 2018

0
125

biro Umrah Terburuk 2017 (2)HAJIUMRAHNEWS – Pekan ini Pakistan akan menyelenggarakan pemilihan calon jamaah haji untuk tahun 2018. Penyelenggaraan itu akan dilakukan pada hari Jumat, 26 Januari 2018. Karena itu, aplikasi pendaftaran ibadah haji masih dibuka hingga hari Rabu besok. Ada 180 kuota yang akan dipersiapkan oleh pemerintah, berdasarkan kesepakatan dengan pemerintah Arab Saudi untuk tahun ini.

Dilansir The Nation, Senin (22/1), Juru bicara Kementerian Agama mengatakan, sudah lebih dari 172 ribu aplikasi haji diterima sejauh ini. Penduduk mengirimkan aplikasinya melalui bank yang ditunjuk pemerintah.

Saat ini, pemerintah Pakistan memang sedang berusaha untuk meningkatkan pelayanan ibadah haji dengan sebaik mungkin. Karena itu, pemerintah melalui Departemen Agama dan Harmoni Antargama telah membentuk Komite Penasehat Haji dengan tugas mengelola ibadah haji 2018 baik yang ada di Pakistan maupun Arab Saudi.

Dalam tugasnya, Komite ini akan melaksanakan langkah-langkah untuk memperbaiki layanan kesejahteraan bagi jamaah. Selain itu, untuk memberi saran mengenai kebijakan, perencanaan dan pengelolaan operasi haji dan mengawasi cara membangun komite perekrutan di Arab Saudi.

Komite sendiri dipimpin langsung oleh Menteri Agama dan Harmoni Antaragama, Sardar Muhammad Yousuf. Sementara anggotanya termasuk Ketua Senat Komite Tetap Kementerian Agama dan Harmoni Antaragama, Ketua Majelis Tinggi Majelis Nasional Kementerian Agama dan Harmoni Antaragama, Duta Besar Pakistan di Arab Saudi, Dirjen Haji, Jeddah dan Ketua Sekretaris Asosiasi Penyelenggara Haji Pakistan.

Sekretaris Kementerian Agama dan Harmoni Antaragama akan menjadi sekretaris panitia. Dukungan sekretaris akan diberikan oleh Departemen Agama dan Harmoni Antaragama. Panitia atau anggotanya bisa mengunjungi Arab Saudi, jika diminta, dengan persetujuan dari pejabat yang berwenang.

Ketua atau sekretaris HOAP akan melakukan perjalanan dengan biaya sendiri. Panitia atau anggotanya dapat mengunjungi KSA jika diperlukan, dengan persetujuan otoritas yang kompeten. Pengeluaran yang harus dikeluarkan pada kunjungan anggota panitia akan ditanggung oleh kantor masing-masing. 

Kuota Untuk Manula dan Orang Cacat

Sementara itu, pemerintah sendiri telah memberikan 10 ribu kuota ibadah haji untuk manula (5000) dan orang berkebutuhan khusus (5000).

Dilansir dari  Pakistan Observer, pada Ahad (14/1), Yousuf mengatakan, 10 ribu orang tersebut diberi preferensi dalam kuota pemerintah yang telah ditolak selama dua tahun terakhir.“Agar pembinaan pelayanan dan perlindungan lebih meningkat lagi pada kepuasan jamaah,” ujar Ali Taher Parasong. (1)

Sardar Yousuf mengatakan, sekitar 2.700 aplikasi telah diterima untuk pendaftaran perusahaan swasta atas aplikasi khusus. Sebuah dewan khusus sedang meninjau aplikasi. Ia memastikan, daftar itu segera selesai.

Yousuf mengatakan, sekitar 763 perusahaan swasta bekerja dengan Kementerian Agama Pakistan. Dia berharap, pemerintah Arab Saudi meningkatkan slot haji setelah sensus terakhir di Pakistan. (Kun)

LEAVE A REPLY