Inilah Sopir Bis Trayek Cirebon Bandung yang Beroperasi di Saudi

0
395
Tatang, driver bus armada almunawarah, Saudi saat ditemui di kawasan Jabal Rahmah, Minggu (21/1). Foto:hun
Tatang, driver bus armada almunawarah, Saudi saat ditemui di kawasan Jabal Rahmah, Minggu (21/1). Foto:hun

HAJIUMRAHNEWS – Upayanya untuk memudahkan para jamaah umrah dalam mencari armada bis yang mengantar saat ziarah atau city tour di Tanah Suci membuahkan hasil. Bahkan terobosan yang dilakukannya sempat viral di media sosial dan membuat heboh, khususnya masyarakat Jawa Barat.

Ya,  dialah Tatang, Warga Negara Indonesia (WNI) asal Cirebon yang bekerja sebagai sopir bus di perusahaan transportasi Almunawarah ini yang mencantumkan nama kota Cirebon Bandung pada bis yang dibawanya. Bus warna hitam itu pada bagian belakangnya tertulis Cirebon Bandung, layaknya armada bis di Tanah Air dengan jurusan kedua kota tersebut.

“Ini cara saya untuk sedikit membantu memudahkan jamaah asal Indonesia dalam menemukan armada bis yang ditumpanginya,” kata Tatang kepada hajiumrahnews.com saat ditemui di kawasan Jabal Rahmah. Minggu (21/1).

“Pastinya orang Indonesia tahu nama kedua kota tersebut, sehingga mereka kalaupun salah busnya,  saya bisa membantu mencarikan bus yang dicarinya, apalagi kalau mereka bingung,” imbuhnya.

Lantas kenapa nama Cirebon Bandung? Bukan tanpa alasan, pria yang sudah bekerja di Saudi sejak 2010 ini memilih nama kota tersebut. Selain dia sendiri asli kelahiran Cirebon, Tatang juga sebelumnya bekerja sebagai sopir  bis jurusan Cirebon Bandung.

“Sebelum ke Arab saya biasa bawa bis jurusan Cirebon Bandung, ketika saya kerja di sini (Arab Saudi) sering nemuin jamaah yang bingung cari bis yang ditumpanginya,” ujarnya.

Akhirnya, kata Tatang baru sebulan lalu, ia terbersit ide untuk menuliskan nama kota Cirebon Bandung pada bisnya. Sejak saat itu pula bisnya menjadi primadona dan banyak dicari para muthawif untuk melayani jamaah asal Indonesia.

Bahkan sejak sebulan terakhir bis warna hitam pekat itu viral di media sosial. Aksi kreatifnya pun diikuti beberapa teman seprofesi khususnya yang ada di bawah naungan PO Almunawarah. Beberapa diantara bis yang identik dengan Indonesia yang berhasil ditemui hajiumrahnews.com adalah bertuliskan PATAS AC.

Tatang foto bersama teman sopir bis asal Indonesia saat ditemui di kawasan Jabal Rahmah, Minggu (21/1).
Tatang foto bersama teman sopir bis asal Indonesia saat ditemui di kawasan Jabal Rahmah, Minggu (21/1).

Beberapa jamaah pun seakan tak mau ketinggalan dengan berfoto di bis yang dikemudikan Tatang. “Alhamdulillah saya sih senang saja mereka berfoto, seakan lagi ingat kampung halaman Indonesia meskipun mereka bukan warga kedua kota tersebut,” katanya.

Malah beberapa waktu lalu, lanjut Tatang, ada pimpinan sebuah travel asal Lombok yang menghubunginya untuk sekedar bertemu lantaran viral di facebook dan menyebar di what’s app. “Pas ketemuan dia minta setiap ada grup jamaahnya harus saya yang mengantarnya,” ujarnya.

Aksi kreatifnya tak sampai berhenti di situ, Tatang pun menyetel nada klakson ‘telolet’ yang pernah booming di Tanah Air. Hanya saja durasinya tidak selama yang digunakan bis antar kota antar provinsi (AKAP) Di Indonesia pada umumnya. (hai)


 

LEAVE A REPLY