India Dapat Tambahan 5000 Kuota Haji Tahun Ini

0
54

biro Umrah Terburuk 2017 (1)HAJIUMRAHNEWS – Sebagai bagian dari upaya Arab Saudi untuk memperhatikan kepentingan jamaah haji di India maka negeri petro dolar tersebut menambah kuota hajinya sebanyak 5000 slot. Penambahan ini tentu saja direspon positif. Karena di mana-mana, termasuk India, antrian untuk beribadah haji cukup panjang.

“Dengan tambahan tersebut, berarti jamaah haji yang bisa berangkat sebanyak 175.025 orang,” ujar Menteri Perhubungan India, Mukhtar Abbas Naqvi dilansir dari Asia Net India, (Selasa, 9/1)

Namun, penambahan kuota ini mulai efektif dipergunakan akhir tahun 2018. Dengan begitu, berarti India sudah dua kali mengalami penambahan kuota dalam dua tahun terakhir. Akibat kebijakan ini, ada kenaikan signifikan jamaah haji India yang berangkat, yaitu sekitar 40 ribu orang.

Menurut Naqvi, adanya kenaikan ini kemungkinan besar terkait dengan popularitas Perdana Menteri Narendra Modi dan hubungan India yang membaik dengan Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya di bawah kepemimpinannya. Ini adalah rekor ekspansi setelah kemerdekaan.

“Pemerintahan Modi telah memenuhi kebutuhan sosio-ekonomi dan agama dengan kejujuran, tanpa adanya pertaruhan politik,” ujar Naqvi.

Meski mendapat tambahan yang signifikan, namun hal itu masih tak cukup dibandingkan jumlah antusiasme jamaah haji India yang ingin berangkat. Misalnya saja kasus negara bagian Jammu, India. Kuota yang disediakan hanya sebanyak 9.773 slot, namun jamaah yang mengajukan haji di negara bagian tersebut sebanyak 32.333 orang. Masih ada jarak yang cukup jauh antara kuota dengan permintaan.

Dilansir dari Kashmir Reader, Menteri Haji dan Auqaf, Abdul Rehman Veeri mengatakan, dari total kursi yang dialokasikan untuk negara bagian, sebanyak 1.959 slot diperuntukkan bagi warga lanjut usia di atas 70 tahun.

Veeri menyebutkan, terjadi peningkatan 1.670 jumlah slot untuk Jamma dan Kashmir (JK) dalam setahun terakhir. Bagi jamaah haji yang terpilih untuk berangkat, bisa dilihat di situs Komite Haji Jammu dan Kashmir.

Terlepas dari semuanya itu, pemerintah India memang sudah berkomitmen untuk memberikan fasilitas terbaik bagi jamaah haji. Jamaah haji dibuat sedemikian rupa agar tetap nyaman selama menjalankan ibadah hajinya. (Kun)

LEAVE A REPLY