Melacak Validasi Biro Umrah Lewat Aplikasi Umrah Cerdas

0
130

HAJIUMRAHNEWS – Sejatinya, aplikasi ini sudah diluncurkan pada November 2016 oleh Kementerian Agama (Kemenag). Terhitung hingga sekarang, berarti sudah 14 bulan aplikasi ini berjalan.

Namun, tetap saja masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Padahal, aplikasi ini amat penting bagi calon jamaah haji atau umrah untuk mengetahui validasi sebuah biro haji atau umrah berizin ataukah tidak. Dengan kata lain, jika nama yang dimaksud tidak ada dalam aplikasi tersebut, berarti biro tersebut adalah bodong alias tak berizin.

Karena itu, pada kesempatan kali ini hajiumrahnews mencoba untuk mengulas kembali soal aplikasi ini. Tujuannya tidak lain adalah untuk menginfokan kembali pada calon jamaah bahwa ada sebuah aplikasi yang memudahkan kita untuk melacak validasi biro haji atau umrah bodong ataukah tidak.

Langkah pertama, cobalah Anda masuk ke playstore bagi pengguna android. Setelah itu unduh atau download aplikasi Umrah Cerdas yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI. Anda tidak usah khawatir akan tertukar. Soalnya, hanya ada satu aplikasi dengan nama demikian -setidaknya hingga tulisan ini dibuat.

Setelah didownload, Anda tidak perlu login lagi karena sudah langsung terhubung dengan konten aplikasi. Sekarang, Anda bukalah aplikasi tersebut, di sana akan terpampang berbagai menu seperti Keberangkatan, Penyelenggara, Pengaduan, Peta, Doa Manasik, Regulasi, Info Kesehatan, Info Lainnya dan Login. 

 

Screenshot_2018-01-21-22-24-17-385

Di situ ada menu Login, hal itu diperuntukkan khusus untuk PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) dan petugas. Artinya, jika kita hanya ingin mengetahui informasi soal biro haji dan umrah, cukup buka aplikasi ini tanpa harus login.

Nah, pada menu apakah calon jamaah haji atau umrah bisa mengetahui sebuah biro itu bodong atau tidak? Ada pada menu Penyelengara. Coba Anda buka menu tersebut maka akan keluar beranda pencarian dan juga nama-nama resmi penyelenggara (biro) haji dan umrah yang terdaftar di Kemenag RI.

 

Screenshot_2018-01-21-22-28-22-668Anda bisa menelusuri satu-persatu biro-biro tersebut dari atas sampai bawah. Jika Anda ingin jalan pintas, Anda bisa menggunakan mesin penelusuran yang tersedia di situ. Ketik saja nama biro yang Anda maksud, otomatis akan muncul nama tersebut. Setelah itu Anda klik, akan muncul detil dari biro tersebut.

Sekarang, saya kasih contoh. Saya ingin mencari PT. Gaido Azza Darussalam. Saya tulis nama PT. Gaido. Baru satu kata sudah muncul nama PT. Gaido Azza Darussalam secara lengkap. Setelah itu klik nama PT tersebut maka akan muncul info detail dari biro tersebut, yaitu:

Screenshot_2018-01-21-22-24-56-814

Nama Penyelenggara: PT. Gaido Azza Darussalam

Nomor SK: Nomor 233 Tahun 2015

Berakhir SK: 10 Agustus 2018

Alamat: Jl. Kyai Caringin Blok A No.5 Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Telp. (021) 34834400, Fax. (021) 34830219, email: info@gaidotravel.com

Anda bisa mencoba biro yang lain. Yang jelas, aplikasi ini begitu memudahkan calon jamaah untuk bisa mengetahui sebuah biro bodong atau tidak.

Sayangnya, aplikasi ini belum diketahui banyak orang. Ini menjadi PR (pekerjaan rumah) besar bagi Kemenag dan jajarannya untuk menyosialisasikan aplikasi tersebut. Sehingga ke depan, tidak ada lagi jamaah yang merasa tertipu oleh biro-biro haji atau umrah bodong. (Kun)

 

 

LEAVE A REPLY