Gaido-PNJ Siap Dorong Perkembangan Ekonomi Syariah Indonesia

0
29

WhatsApp Image 2018-01-12 at 16.39.18

HAJIUMRAHNEWS-Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan ekonomi syariah Indonesia berada dalam grafik yang cukup menggembirakan. Hal ini, salah satunya berkat kontribusi pemerintah yang sangat serius dan terus mendorong perkembngan ekonomi syariah tanah air.

Selain itu, perkembangan ini juga tak lepas dari peran para pelaku usaha yang mampu melek dan melihat potensi besar ekonomi syariah Indonesia. Seperti yang dilakukan PT Gaido Group. Sebuah holding company yang menganakbuahi 26 perusahaan di berbagai wilayah di Indonesia.

Selama 15 tahun terakhir Gaido Group telah menjadi salah satu perusahaan yang sangat konsen menggeluti segmen syariah tanah air. Beragam terobosan pun telah dilakukan mulai dari sinergi dengan pemerintah, swasta dan akademisi.

Seperti baru-baru ini, Gaido Group menjalin sinergi dengan Politeknik Negeri Jakarta tentang pendidikan vokasi dan penguatan ekonomi syariah di tanah air.

Kepala Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah jurusan Akuntansi Agus Kusumaramdhani mengatakan sinergi dengan Gaido Group merupakan jalianan kerjasama yang sama-sama menguntungkan satu sama lain.

“Kerjasama antara dunia Industri dan akademisi bisa sangat menguntungkan. Akademisi menyediakan SDM berkualitas dan Industri menyediakan lapangannya. Apalagi di kita juga ada jurusan syariahnya. Jadi arahnya sudah sejalur dan simbiosis mutualisme, saling menguntungkan,” kata Agus usai pertemuannya dengan Gaido Group Jumat, (12/1) di banten Resto-Tangerang.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Gaido Group Agus Hermawan menyatakan bahwa kerjasama ini akan diarahkan dengan konsep social enterprise. Artinya kita akan saling melibatkan diri untuk mencari keuntungan bersama dengan sistem profit sharing.

“Permasalahan dari akademisi salah satunya adalah akses pada kelembagaan, pasar dan hubungan eksternal. Nah dengan konsep social enterprise ini bisa jadi solusi. Karena social enterprise menganut konsep LSM yang sifatnya non-profit dan swasta yang sifatnya profit. Bisnis ini biasa juga disebut business for social progress,” ujar Agus

“Kerja sama dengan Gaido  ini antara PNJ adalah tentang social entrepreuneur lebih spesifik tentang ekonomi syariah, karena kebetulan di PNJ itu ada prodi syariah dan Gaido Group memang bisnisnya bisnis ekonomi syariah” lanjutnya.

Agus  mengaku sangat antusias dan optimis bahwa kerjasama ini bisa membawa hal-hal postif tak hanya bagi kedua pihak melainkan juga kepada masyarakat luas.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan PNJ. Karena Gaido sejauh ini memang menjadi perusahaan yang sangat terbuaka pada kalangan akademisi. Kita telah melakukan beragam program dan kerjasama dengan berbagai sekolah dan universitas. Dan kita harap kerjasama ini mampu memberikan akses kepada para mahasiswa PNJ untuk bisa mengenal pasar dan lapangan kerja,” papar Agus

Agus bersyukur atas adanya kerjasama antara kedua belah pihak. Apalagi menurutnya PNJ bisa memberikan SDM syariah yang berkualitas.

“Karena kami saat ini tengah fokus untuk menjadi bagian dari perusahaan yang berkontribusi mendorong Indonesia menjadi sentral ekonomi syariah dunia. Kami sangat berharap PNJ pun menjadi bagian dari itu,” pungkasnya.

 

LEAVE A REPLY