Persiapan Penyelenggaraan Haji Tahun ini Sudah Mulai Berjalan

0
10
Kementerian Agama telah mempersiapkan dokumen perjalanan dan perlengkapan jamaah haji sejak November tahun 2017. (foto:ist)
Kementerian Agama telah mempersiapkan dokumen perjalanan dan perlengkapan jamaah haji sejak November tahun 2017. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2018M/1439H telah dilakukan sedini mungkin. Sejak bulan November 2017, Kementerian Agama telah memulai persiapan pengurusan dokumen dan perlengkapan haji.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Nasrullah Jasam mengatakan persiapan pengurusan dokumen dimulai dengan pengumpulan lembar setoran awal jamaah haji untuk kemudian diverifikasi melalui Kantor Kemenag di seluruh Provinsi di Indonesia dengan berdasarkan data estimasi yang dikeluarkan Subdit Pendaftaran Haji.

“Awal Januari 2018 lalu kita sudah mulai melakukan scanning lembar setoran awalyang telah dikumpulkan dari kanwil-kanwil sudah 40-50 % sudah berada disini,” kata Nasrullah di Jakarta, Rabu (10/1).

Terkait persiapan penerbitan paspor jamaah, Nasrullah menyatakan pihaknya akan menginformasikan ke setiap Kantor Wilayah untuk menerbitkan surat penerbitan paspor bagi calon Jemaah haji yang ingin membuat paspor secara kolektif.   Dokumen tersebut diharapkan diharapkan sudah mulai terkumpul di Subdit Dokumen bulan April mendatang dan langsung bisa diproses.

Nasrullah mengungkapkan persiapan perlengkapan bagi jamaah haji dimulai dengan mengusulkan Surat Keputusan untuk personil teknisnya, dan tahun ini masih mengkaji apakan tahun ini prosedurnya masih sama seperti tahun kemarin yang tertera digelang hanya ada nama, kloter dan no paspor atau ditambahkan dengan barcode.

“Apakah kalau nanti ditambahkan barcode itu manfaatnya sampai sejauh mana?kalau sudah ada nama, kloter dan nomor paspor itu kan bisa ditracking dengan siskohat, dan kalau ditambahkan barcode ini masih memerlukan siskohat?,” papar Nasrullah

“Itu akan kita pertimbangkan. Dan itu baru wacana dan teknologinya akan mendukung atau tidak?,” lanjutnya.

Selama ini proses pembuatan gelang haji dibuat oleh sebuah perusahaan, gelang tersebut saat didistribusikan ke setiap embarkasi masih dalam keadaan polos belum tertera nama, kloter dan nomor paspor, setelah di embarkasi nantinya ada orang yang khsusus mencetak nama, kloter dan nomor paspor tersebut sesuai dengan Jemaah yang akan diberangkatkan (definitif),

Sementara itu, untuk memudahkan pelayanan pembuatan paspor, Kementerian Agama dan Kantor Imigrasi setempat akan bekerjasama memberikan pelayanan kepada calon Jemaah haji dengan menyediakan Mobil Imigrasi Keliling. Mobil ini akan berkeliling dan berhenti ditempat-tempat yang terjangkau oleh masyarakat.

Pelayanan mobil keliling ini adalah untuk memudahkan para calon Jemaah haji yang ingin membuat paspor tanpa langsung datang ke setiap Kantor Imigrasi setempat.

“Tahun ini belum ada info tahun lalu sudah jalan di daerah-daerah terpencil, dan pembuatan paspor sudah di mulai dari sekarang,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY