Hindari Keterlambatan Visa, Kemenag dan KBSA Akan Sosialisasikan Kebijakaan Pemvisaan

0
16
Visa Arab Saudi. (foto:ist)
Visa Arab Saudi. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Kementerian Agama berencana untuk mengajak Konsul Kedutaan Besar Arab Saudi KBSA)untuk mensosialisasikan kebijakan pengeluaran visa. Rencananya sosialisasi tersebut akan laksanakan bertepatan dengan kegiatan Sosialisasi Teknis (Sostek) pada awal Maret nanti.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler Nasrullah Jasam mengatakan sosialisasi ini sangat penting untuk mencegah terjadinya masalah keterlambatan visa seperti beberapa tahun belakangan. Apalagi saat ini para peziarah yang berangkat ke tanah suci pun kian meningkat. Hal ini tentu membuat permohnan untuk penerbitan visa pun akan turut meningkat.

“Kita juga akan melaksanakan sostek (sosialisasi teknis) penyelesaian dokumen pada awal maret nanti kita minta konsul memberikan informasi-informasi terbaru terkait visa,” kata Nasrullah di Jakarta. Rabu (10/1).

Nasrullah mengaku sebelumnya ia telah dua kali bertemu dengan Konsul KBSA untuk membicarakan perihal pemvisaan ini di kantor KBSA di Jakarta. Pada prinsipnya KBSA akan dengan senang hati bekerja sama dengan Kemenag.

Dari pembicaraan tersebut juga dihasilkan kesepakatan tentang proses pemvisaan tersebut. Dimana Kedubes Arab Saudi hanya berfokus pada penerbitan visanya saja, sementara perihal penempelan visanya akan diserahkan ke Kemenag dan pihaknya juga akan menugaskan 20 orang untuk ditempatkan di Kedubes.

“Ada beberapa perubahan, mereka (Kedubes-red) akan concern dipenerbitan visanya untuk penempelan dipaspor akan jadi urusan kemenag, takutnya kalau diserahkan ke Kedubees juga akan menghambat penerbitan visanya,” tutur Nasrullah.

Nasrullah mengungkapkan pada kegiatan Sostek Maret nanti, Konsul Kedubes Arab Saudi akan memberikan informasi-informasi terkait masalah pemvisaan dihadapan Kepala Kanwil, Kepala Kankemenag Kab/Kota serta Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

“Sehingga nanti akan linier dengan kebijakan kita, ini baru pertama kali Konsul kita ajak untuk menyampaikan prosedur penempelan dokumen,” pungkasnya.

 

LEAVE A REPLY