CATATAN AKHIR 2017 (6): Delapan Jamaah Haji Asal Inggris Naik Sepeda

0
172

 

Delapan orang dari Inggris ini menuju Madinah untuk naik haji menggunakan sepeda.
Delapan orang dari Inggris ini menuju Madinah untuk naik haji menggunakan sepeda.

HAJIUMRAHNEWS – Sisi lain dari tahun 2017 yang menjadi perbincangan hangat di media sosial adalah tentang sekelompok orang (8 orang) asal Heywood, Inggris yang naik haji menggunakan sepeda. Ini adalah kejadian langka sehingga dunia maya sempat viral dengan berita ini.

Jamaah haji tersebut sedianya menuju Madinah untuk melakukan ibadah haji. Mereka harus melewati 9 negara dan menempuh perjalanan 2.000 mil. Beritanya menjadi heboh setelah akun Twitter @IlmFeed mengunggah sebuah video perjalanan spiritual mereka itu.

“Momen sebelum pengendara haji tiba di Masjid Nabawi setelah bersepeda lebih dari 2.000 mil melalui sembilan negara. Adegan-adegan yang menakjubkan,” tulis @IlmFeed, jika diartikan dalam bahasa Indonesia.

Dalam video pendek berdurasi 24 detik itu, para jamaah yang bersepeda mengucapkan rasa syukur karena hampir sampai Masjid Nabawi.

Subhanallah. Alhamdulillah,” kata mereka berseru.

Video tersebut diretweet ribuan kali. Ragam komentar pun menghiasi laman video tersebut.

“Saya suka semangat mereka. Allahu Akbar,” komentar akun @janatfridauz.

Mengagumkan. Semoga pengendara dan seluruh jamaah menjadi haji mabrur,” komentar @amomodu.

“Benar-benar mengagumkan. Masha Allah. Mabrur. Semoga Allah menerima semua usaha dan ibadah haji kalian. Amiin,” komentar @brintmahboob.

Disinyalir, mereka melakukan itu adalah untuk menggalang dana sebanyak sejuta poundsterling Inggris bagi pengungsi Suriah. Mereka melakukan sebuah proyek amal melalui badan amal Human Aid UK, yang diberi nama ‘Hajj Ride’.

“‘Hajj Ride’ merupakan kegiatan bersepeda untuk amal pertama yang pernah dilakukan,” demikian penjelasan dalam situs resmi Human Aid.

“Dilakukannya memang sembari mempersiapkan diri untuk melakukan ritual ibadah tersulit dalam Rukun Islam, yakni ibadah haji,” tambahnya.

Perjalanan mereka menghabiskan waktu enam minggu, yang ditempuh dari London,, melintasi Perancis, Swiss, Italia, Yunani, dan Mesir.

Para jamaah itu tiba di Arab Saudi, Jumat (18/8/2017), melalui Jeddah dan mengakhiri perjalanan di Madinah, sebelum mengikuti ritual ibadah haji di Mekah.

Detik-detik mereka memasuki kota Madinah. Terharu!
Detik-detik mereka memasuki kota Madinah. Terharu!

Di Madinah, para jamaah tersebut disambut dengan nyanyian dan tarian, juga taburan bunga dan air zamzam. Seorang jamaah yang berpartisipasi, Taher Akhtar, mengatakan dirinya sangat terharu saat ia dan sepedanya akhirnya menginjak Madinah.

“Kami sudah melalui hujan, panas terik, badai pasir, tanjakan curam, sampai mengalami mati rasa pada jari dan hidung,” cerita Akhtar sembari menghapus air mata.

“Atas rida Allah, semua mudah kami lalui. Kami sungguh merasakan rahmat-Nya,” ucapnya lagi.

Selain masyarakat setempat, para jamaah itu juga disambut oleh kalangan kelompok sepeda lokal seperti Saudis Cyclist.

Demikian kisah delapan warga Inggris yang naik haji menggunakan sepeda yang sempat menjadi viral sepanjang tahun 2017. Semoga yang dilakukan mereka menginspirasi lainnya untuk beribadah haji dan berbuat kebaikan untuk orang lain! Amien. (Kun)

 

LEAVE A REPLY