Agar Tak Terjebak Umrah Murah, Berikut Tipsnya!

0
288
Gaido Travel & Tours adalah salah satu biro umrah dan haji terpercaya. Bisa menjadi alternatif terbaik untuk mendaftarkan umrah atau haji Anda. Foto: Hun
Gaido Travel & Tours adalah salah satu biro umrah dan haji terpercaya. Bisa menjadi alternatif terbaik untuk mendaftarkan umrah atau haji Anda. Foto: Hun

HAJIUMRAHNEWS – Setiap orang pasti ingin harga yang termurah. Beli baju maunya yang murah. Beli makanan maunya yang murah. Demikian juga dengan biaya umrah, maunya yang murah.

Tapi, satu hal, banyak orang yang terjebak dengan harga umrah yang murah. Mereka tidak teliti untuk menyelidiki terlebih dahulu, apakah biro umrah yang menawarkan paket umrah itu kredibel atau tidak dan sebagainya.

Akhirnya, banyak jamaah umrah yang gagal berangkat. Karena itu, hendaklah kita waspada bila pergi umrah. Jangan mudah terjebak dengan harga umrah yang umrah. Bagaimana agar kita tidak terjebak dengan harga umrah yang murah? Demikian tipsnya!

Tips pertama, izin biro umrah.

Sebelum daftar, perhatikan dulu biro umrahnya, apakah sudah dapat izin resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) atau belum? Jika belum, sebaiknya Anda tinggalkan dan cari biro umrah yang lain (berizin). Sebab, biro umrah resmi, biasanya sudah mempunyai jadwal dan pengaturan layanan serta harga yang pasti. Sehingga kemungkinan akan mengalami penipuan umrah seperti yang dialami oleh jamaah Firs Travel beberapa waktu yang lalu bisa dihindari.

Satu lagi, bila kita daftar melalui biro umrah cabang, hendaknya ia bisa memperlihatkan surat yang dikeluarkan perusahaan dari pusat yang menunjukkan ia sebagai perwakilan cabang.

Tips kedua, perhatikan harganya.

Harga minimal untuk umrah sebagaimana telah dijelaskan oleh Kemenag sebesar 20 juta. Jadi, logikanya, jika ada biro atau travel umrah yang menawarkan harga di bawah itu perlu diwaspadai. Bisa jadi, ada unsur penipuan di dalamnya.

Meski begitu, biro umrah masih boleh menerapkan biaya di bawah harga 20 juta asal telah mendapat verifikasi dari Kemenag. Misalnya, saat harga tiket pesawat turun maka biaya umrah bisa ditekan lebih murah. Namun, ada standar pelayanan yang tidak boleh dikurangi. Misalnya, hotel harus tetap minimal bintang 3.

Tips ketiga, pastikan visa umrah.

Visa hanya dikeluarkan perwakilan Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Calon jamaah harus memastikan telah mendapat visa resmi minimal tiga hari sebelum berangkat. Kalau visanya kadaluwarsa atau tak resmi, maka berpotensi ditangkap serta dipulangkan.

Tips keempat, pastikan waktu keberangkatan dan kepulangannya.

Calon jamaah juga harus mendapatkan kepastian kapan waktu berangkat dan pulangnya. Sebab, ada beberapa kejadian di mana jamaah umrah tak bisa pulang ke tanah air karena tidak memiliki tiket pulang. Travel seolah tak bertanggung jawab setelah jamaah berada di tanah suci.

Tips kelima, pastikan hotel atau penginapan.

Calon jamaah juga harus mendapatkan kepastian soal hotel atau penginapan. Standard hotel atau penginapan yang ditetapkan oleh Kemenag adalah minimal bintang 3. Selain itu, tempatnya tak boleh lebih dari satu kilometer dari tempat ibadah. Meski demikian, dari seluruh paket yang ada, masyarakat diminta mempertimbangkan mengenai usia dan biaya. Kalau sudah lanjut usia lebih baik pilih yang agak mahal supaya lokasi penginapan lebih dekat.

Demikian beberapa tips agar kita tidak terjebak dengan paket umrah murah, tapi ujung-ujungnya merugikan kita. Harga sedikit lebih mahal tidak masalah asalkan biro umrah tersebut capable dan amanah. Yang penting, tujuan kita untuk umrah terwujud dan ibadah pun menjadi khusyuk selama di sana. (Kun)

LEAVE A REPLY