Dengan Unlimited Innovation, Gaido Group Siap Meraih Masa Depan

0
548

 

Muhammad Hasan, Pendiri Gaido Group sedang memberikan sambutan di acara olahraga pagi, Rakornas Gaido Group di Kawasan Wisata Baduy Outbound, Serang Banten, pada 23-24 Desember 2017
Muhammad Hasan, Pendiri Gaido Group sedang memberikan sambutan di kegiatan olahraga pagi, Rakornas Gaido Group di Kawasan Wisata Baduy Outbound, Serang Banten, pada 23-24 Desember 2017. Foto: Dani

Tahun 2018 tinggal menghitung hari. Sudah siapkah kita menyambutnya? Resolusi apa yang akan kita lakukan? Yang jelas, tahun esok tentulah berbeda dengan tahun ini dan kemarin. Tantangannya akan semakin berat dan kita harus sanggup menghadapinya. Kita harus siap.

“Jika kita tidak siap, tidak sanggup dan tidak berkarya, maka bangsa ini akan diambil oleh orang luar negeri. Karena pemilik sahamnya semuanya orang luar negeri,” ujar Muhammad Hasan, pemilik dan pendiri Gaido Group saat memberikan sambutan di acara olahraga pagi dalam rangka Rakornas Gaido Group yang berlangsung pada 23-24 Desember 2017 di Kawasan Wisata Baduy Outbound, Serang, Banten.

Karena itu, Hasan menginginkan seluruh unit usaha yang berada dalam naungan Gaido Group seperti Gaido Travel & Tours, Baduy Outbound, Majalah Haji & Umrah, BAF Syariah, Banten Restaurant, Bisnis Banten, Haji & Umrah News, Sani Mobil, Gaido Global Energi, Media Majalah Indonesia, Gaido Mart, TV MMI, Yayasan Anak Shaleh Indonesia (YASI) dan sebagainya akan menjadi perusahaan yang autopilot (perusahaan yang dikendalikan oleh sistem).

Agar terwujud keinginan itu, Hasan berharap bahwa setiap pemimpin yang diberikan amanat mampu menjalankan amanat tersebut dengan inovasi tanpa batas, bisa berkarya nyata, bisa membawa seluruh gerbong pasukannya untuk menuju terwujudnya visi dan misi Gaido Group yang sudah ditentukan.

Inovasi tanpa batas (unlimited innovation), yaitu selalu memiliki ide-ide atau cara-cara yang unik, meskipun tidak selalu baru. Ide-ide atau cara-cara tersebut bisa merupakan gabungan dari cara-cara atau ide-ide yang pernah ada sebelumnya atau dapat juga merupakan modifikasi dari ide-ide atau cara-cara yang pernah ada. Yang terpenting adalah ide-ide atau cara-cara yang akan digunakan tersebut belum pernah dipakai di tempat atau lingkungan di mana kita menerapkannya.

Unlimited Innovation ini menjadi visi besarnya Gaido Group. Dengan visi ini, Gaido Group siap menyambut tahun 2018 dan meraih masa depan.

“Masa depan adalah hak kita. Tinggal kita bagaimana mengambilnya, merebutnya, atau mencapainya,” ujar Hasan penuh semangat.

Karena itu, tema Rakornas Gaido Group yang diselenggarakan di Baduy Outbond tersebut adalah Penguatan Visi dengan Karya Nyata. Artinya, unlimited innovation tidak akan bisa terwujud jika tidak ada karya nyata.

“Untuk itu, apabila ada perusahaan yang belum maksimal akan dimaksimalkan di tahun 2018,” ujarnya lebih lanjut.

Maka pada tahun 2020, Hasan berharap bahwa Gaido Travel yang menjadi cikal bakal bagi lahirnya perusahaan-perusahaan lainnya tersebut akan menjadi perusahaan Tbk (Terbuka).  “Maka jika satu perusahaan sudahTbk, perusahaan-perusahaan lainnya tinggal ikut aja. Karena aturan dan SOP (Standar Operasional Prosedur)-nya melekat pada tiap-tiap perusahaan, tinggal kita copy paste dan inovasi saja,” ujar Hasan yang diamini secara serentak oleh jajaran komisaris, direksi dan karyawannya yang hadir kala itu.

Hasan juga berharap bahwa Majalah Haji & Umrah (MHU) akan menjadi perusahaan holding, yaitu perusahaan media yang membawahi televisi, radio, majalah dan online. “Maka kita harus gunakan media ini agar dunia tahu tentang perusahaan kita,” ujarnya penuh optimis.

Selain itu, tahun 2020 salah satu unit usahanya yang bernama Banten Restaurant akan membuka beberapa outlet yang ada di kota-kota besar di Indonesia.

“Sementara untuk Global Gaido Energi akan kita coba dan kembangkan di Bandung dan Banten,” ujarnya.  Global Gaido Energi adalah perusahaan milik Gaido Group yang bergerak dalam bidang pengolahan sampah.

Salah satu impian terbesar Hasan adalah tahun 2030 Gaido Group akan menjadi 150 perusahaan terbesar di dunia. Sedangkan di tahun 2045,

“Tahun 2045 itu bertepatan dengan ulang tahun Indonesia yang ke-100. Jadi, harapan kita di tahun itu Gaido Group akan menjadi 100 perusahaan terbesar di dunia,” ujar Hasan yang kembali diamini oleh anak buahnya.

Untuk mencapai itu, menurut Hasan, penting adanya sinergi kekompakan di antara kita. “Pada hari ini diadakannya Rakornas adalah untuk untuk mencapai hal itu, yaitu kekompakan kita. Yang tadinya tidak kenal menjadi kenal dan akrab. Jadi, bagaimana kita bisa bangkit, kalau kenal saja tidak,” ujarnya penuh semangat.

Selain itu, menurut Hasan, “Kita harus mulai memahami perubahan mindset. Jangan berlama-lama dengan pemikiran kita yang lama, akhirnya kita tidak mau keluar dari zona aman. Kita harus keluar dengan sedkit radikal.”

Karena itu, moto hidup Hasan adalah “Hidup itu hanya sekali, jadilah yang berarti! Sekali mencoba, goal! Hidup adalah pilihan, sukses atau sukses!”

Moto ini penting untuk diterapkan karena kebanyakan orang menentukan pilihan hidupnya, sukses atau gagal. “Gagalnya saja sudah direncanakan. Buat saya, gagal itu tidak harus direncanakan. Maka perencananan hidup adalah sukses atau sukses,” ujar Hasan mengenai moto hidupnya. Dengan moto hidup itulah, Hasan bisa sukses seperti sekarang.

Maka Gaido harus bisa berinovasi dan mengajak orang lain. “Jadi orang baik itu baik. Lebih baik lagi mengajak orang berbuat baik,” ujarnya memotivasi.

Dengan visi dan misi Gaido Group seperti itu, dipastikan perusahaan ini akan siap menyambut tahun 2018 dan meraih masa depan dengan gemilang. Dengan unlimited innovation-nya, impian Gaido Group akan menjadi 100 perusahaan terbesar di dunia pada tahun 2045 tidak mustahil untuk diwujudkan. Semoga! (Kun)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY