Habiskan Akhir Tahunmu dengan Ziarah ke Masjid Kristal di Malaysia

0
292

20140607_154310HAJIUMRAHNEWS– Detik-detik akhir tahun 2017 tinggal menghitung hari. Akan ke manakah Anda menghabiskan akhir tahun ini? Eropa, Amerika, Australia atau Asia. Saran saya, cobalah Anda ziarah ke Masjid Kristal yang ada di Malaysia, keindahannya akan memanjakan mata dan mempesona Anda.

Masjid Kristal dibangun di sebuah kawasan Taman Tamadun Islam atau Islamic Heritage Park di sebuah pulau buatan manusia yang disebut Wan Wan selama dua tahun dari tahun 2006-2008. Dana yang dihabiskan untuk membangun masjid ini sebesar USD 80 juta atau sekitar Rp 600 miliar. Sebuah angka yang fantastis!

Masjid Kristal dibangun di atas air sehingga seolah-olah ia mengapung. Masjid ini diresmikan oleh Perdana Menteri Dato’ Seri Abdullah Ahmad Badawi, Yang Di-Pertuan Agong, Tuanku Mizan Zainal Abidin bersama Raja Permaisuri Agong, Tuanku Nur Zahirah pada tanggal 8 Februari 2008 jam 6 sore waktu setempat.

Dinamakan Masjid Kristal karena sebagian besar bangunan masjid ini terbuat dari kaca dan baja. Masjid ini memiliki luas 2.146 meter persegi dan mampu menampung sekitar 1.500 jamaah lebih.

Masjid Kristal memiliki 1 kubah besar dan lebih dari 5 kubah kecil yang mengelilingi kubah besarnya, serta empat menara. Kubah-kubah tersebut tidak berwarna, tidak juga berhiaskan kaligrafi seni yang indah, melainkan dibalut dengan kaca berwarna abu-abu. Kalau dilihat dari luar, kubah-kubah tersebut tampak seperti bongkahan kristal raksasa jika memantulkan cahaya matahari. Sehingga terlihat sangat indah dan menjadi daya tarik yang luar biasa.

Dari sisi arsitekturnya, Masjid Kristal dibangun dengan menggabungkan unsur Moor dan Gothic dalam gaya kontemporer. Ruang ibadah utama menampung lampu kristal yang membuat titik tengah ruangan. Kaligrafi-kaligrafi indah yang terukir meningkatkan tampilan kaca-kaca jendela dan pintu. Karpet lembut terasa hangat dan nyaman di bawah kaki para jamaah dan pengunjung.

Sedangkan dinding-dinding masjid didominasi warna putih dan kaca bertuliskan kaligrafi. Kubah kaca tidak hanya memenuhi unsur estetika tapi berfungsi memberikan penerangan alami bagian dalam masjid.

Masjid Kristal menjadi masjid pintar pertama di Malaysia yang dilengkapi dengan akses IT dan WiFi. Wisatawan bisa membaca Al Quran elektronik dari handphone atau tablet mereka. Meski fasilitasnya hightech, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk ke dalam komplek masjid.

Salah satu terindah di dunia

Masjid Kristal ini akan terlihat semakin indah ketika menjelang senja (sore). Saat itu kubah masjid yang berwarna perak perlahan-lahan mulai berganti dengan warna kuning emas yang memantulkan rona jingga di angkasa. Perlahan cahaya artifisial lampu menggantikan keindahan matahari tenggelam. Saatnya pecinta fotografi mengabadikan momen dengan mode low speed, merekam Masjid Kristal dalam aura berbeda.

Memasuki malam hari, Masjid Kristal ini akan terlihat semakin indah lagi. Saat itu kubah emas lebih berwarna lagi, tidak hanya perak, tapi juga biru, kuning, hijau, dan merah muda sebagai hasil dari tampilan memukau cahaya dari dalam. Karena keindahannya ini, Masjid Kristal menjadi salah satu masjid terindah di dunia.

Tidak saja dimanjakan dengan keindahan arsitekturnya, pengunjung juga akan dipuaskan oleh segala pernak-pernik yang bisa dibeli di kios yang ada di sebelah tepi masjid. Di sana terdapat banyak barang-barang yang dijual untuk cendera hati (souvenir) seperti key chain, t-shirt, gelas, anak patung atau benda-benda yang berkaitan dengan masjid ini. Pengunjung diperbolehkan membeli barang-barang tersebut untuk oleh-oleh pulang.

Bukan itu saja. Taman Tamadun Islam sendiri memiliki daya tarik yang luar biasa. Di taman ini terdapat replika-replika struktur Islam terbaik dari seluruh dunia seperti Taj Mahal India, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei Darussalam, Dome of the Rock Yerusalem, dan menara Xian China.

Di sini juga terdapat River Cruise, Water Garden, indoor dan outdoor Food Court, Convention Center, dan Crystal Villa (Wisma) bagi wisatawan, menjadi theme park pertama yang memadukan konsep agama dan pariwisata.

Atas keindahannya tersebut, Taman Tamadun Islam dengan Masjid Kristalnya, selalu ramai dikunjungi orang, apalagi pada hari-hari libur. Karena itu, tidak ada salahnya jika menghabiskan akhir tahunmu dengan berkunjung atau berziarah ke masjid ini.

Selamat berlibur! (Kun)

LEAVE A REPLY