4 Hal yang Sering Diabaikan Jamaah Haji, Tapi Baik untuk Kesehatan

0
101
Foto: ist
Foto: ist

HAJIUMRAHNEWS– Kapan Anda merasakan betapa pentingnya kesehatan itu? Saat naik kapal. Ketika berada di tengah lautan. Atau, saat beribadah haji. Semuanya benar. Tapi yang paling benar adalah ketika Anda sakit.

Ya, saat sakit itulah Anda merasakan betapa pentingnya kesehatan itu. Sehingga orang yang sedang ditimpa sakit berat, rela mengeluarkan biaya berapapun hingga tak terhingga. Jadi, sehat itu ternyata sangat mahal harganya.

Maka dari itu, jagalah selalu kesehatan Anda, terutama bagi jamaah haji yang sedang berada di tanah suci. Cuaca yang panas, daerah yang gersang dan tandus serta mungkin makanan yang tak terlalu cocok dengan sebagian lidah kita, adalah hal-hal yang bisa menjadikan kesehatan Anda terganggu.

Anda tidak akan mengalami gangguan yang berarti ketika berada di tanah suci, jika tips-tips berikut ini Anda praktekkan. Harganya murah sekali dan tidak ribet pula caranya. Anda mau tahu? Berikut tips-tips yang jarang dilakukan oleh jamaah haji, tapi ternyata bisa membuat tubuh mereka terjaga dengan prima selama beribadah haji.

Pertamaminum air putih yang cukup.

Ya, siapapun tidak akan bisa menggugat teori ini. Ahli manapun akan mengatakan bahwa air putih jauh lebih baik dibandingkan air yang mengandung kafein seperti kopi atau teh. Salah satu air putih terbaik yang ada di tanah suci adalah air zamzam. Maka, agar tubuh Anda tetap prima selama ibadah haji, perbanyaklah minum air putih atau air zamzam. Cukup 3-4 liter sehari. Lebih dari itu lebih baik.

Sebab, kekurangan air atau cairan akan membuat seseorang terkena dehidrasi. Untuk menanggulanginya, ia harus banyak minum air putih. Bagi jamaah haji, air terbaiknya adalah air zamzam yang sumbernya tak terbatas itu.

Kedua, istirahat yang cukup.

Teori ini pun tak terbantahkan. Katakan pada kami, jika kurang tidur atau begadang itu lebih baik daripada tidur yang cukup. Pasti tidak akan ada yang mengatakan. Siapapun akan setuju bahwa tidur yang cukup itu sangat baik untuk kesehatan. Di samping Anda juga bisa semangat dalam bekerja dan produktif dalam berkarya.

Jadi, bagi jamaah haji meski sedang berada di tanah suci jangan abaikan tidur ini. Meski sangat sayang dilewatkan selama berada di tanah suci untuk berdzikir dan berdoa, tapi ada waktunya untuk istirahat. Sebab, dengan istirahat yang cukup, maka kita pun semakin semangat dalam beribadah, khusyuk dalam berdoa dan nikmat dalam berdzikir.

Ketiga, makan tepat waktu.

Hal lainnya adalah makan tepat waktu. Makan itu tak perlu banyak, secukupnya saja. Yang penting, Anda rutin dan tepat waktu makannya. Jangan makan banyak, tapi untuk satu hari. Tentu tidak mendatangkan kebaikan untuk kesehatan.

Keempat, memeriksa kesehatan.

Jika ada keluhan, segera obati agar tidak bertambah parah sakitnya. Bahkan, kalaupun sedang tidak sakit, tidak ada salahnya untuk rutin mengontrol kesehatan kita secara berkala. Karena terkadang kita tak tahu ada penyakit yang bersarang di tubuh. Tahu-tahu ia sudah menjadi besar dan parah di waktu mendatang. Karena itu, sedia payung sebelum hujan adalah hal yang baik agar kesehatan Anda selama ibadah haji tetap terjaga dengan prima.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda coba ketika beribadah haji agar kesehatan Anda tetap terjaga selama berada di sana.

 

 

LEAVE A REPLY