Memilih Kurma Terbaik di Tanah Suci

0
19

HAJIUMRAHNEWS-Berbelanja oleh-oleh di Tanah Suci untuk di bawa ke Tanah Air merupakan kebiasaan para peziarah, khususnya jamaah asal Indonesia. Salah satu oleh-oleh yang menjadi incaran paling utama adalah buah kurma.

Buah kurma memiliki rasa manis yang khas. Selain itu kurma mempunyai kandungan nutrisi yang banyak dan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Di tanah suci, Kurma yang paling terkenal adalah kurma di  Madinah, selain karena bentuk nya lebih besar daging buah nya pun lebih kenyal dan kering. Tempat terbaik untuk berburu kurma Madinah berada di pasar kurma (Madinah Dates Market). Letak pasar ini tepat di pusat kota Madinah atau sekitar satu setengah kilometer kearah selatan dari Masjid Nabawi.

Di Pasar Kurma Madinah ini, semua jenis kurma asli Arab Saudi seperti kurma ajwa, kurma khalasah, kurma anbara, kurma safawi, kurma khudri hingga kurma barhi bisa ditemukan. Selain itu, terdapat pula beragam jenis kurma olahan dari mulai cokelat isi kurma, kurma isi kacang, kismis hingga biskuit selai kurma.

Bagi para jamaah yang hendak membeli kurma untuk buah tangan, hendaknya memilih kurma dengan teliti. Karena biasanya beberapa pedagang terkadang menawarkan kurma dengan kualitas yang tidak terlalu baik. Untuk itu, hendaknya perhatikan hal-hal di bawah ini:

  1. Pilihlah buah kurma yang segar dan tidak terlalu berkerut kulit arinya. Kulit ari harus mengilat dan tidak terlalu kering, warnanya seragam, dan tidak pecah-pecah.
  2. Jika membeli kurma dalam kemasan, maka perhatikanlah kemasannya. Jangan sampai memilih kemasan yang sudah rusak atau terbuka dan jangan lupa memeriksa juga tanggal kedaluwarsanya
  3. Pilihlah buah kurma yang besar. Bukan berarti buah kurma yang kecil itu tidak baik untuk dimakan, hanya saja buah kurma yang sudah kecil biasanya sudah lama mengering.
  4. Carilah buah kurma yang tidak lengket saat dipegang. Beberapa pedagang menggunakan trik ini dengan menambahkan madu atau gula cair pada kulit kurma agar terasa manis, atau untuk menutupi rasa buah kurma yang sudah tidak baik lagi kualitasnya.
  5. Buah kurma yang masih segar berwarna cokelat kemerahan atau kekuningan. Meski kurma bisa bertahan lama, namun akan lebih baik bila memilih yang masih segar.
  6. Jika bisa sebaiknya dicicipi dahulu, pilihlah kurma dengan tekstur dan daging buah yang empuk dan tidak keras, dan tidak berbau pastinya.
  7. Sebaiknya hindari membeli kurma di tempat yang terbuka tanpa adanya penutup kemasan. Debu dan binatang yang menempel pada kulit kurma bisa mengurangi khasiatnya.

LEAVE A REPLY