Baznas Kampanyekan Program Kampung Bebas Asap Rokok

0
67

HAJIUMRAHNEWS-Untuk mengurangi tingkat pengguna narkoba dan menciptakan kondisi lingkungan bebas asap rokok,Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mulai mengkampanyekan program  Kampung Tanpa Asap Rokok (KTAR).
Program pemberdayaan masyarkat dari Baznas ini ditargetkan agar bisa diterapkan dan menjadi program nasional dalam 2 tahun kedepan.

Kepala Rumah Sehat BAZNAS (RSB) Indonesia, Meizi Fachrizal Achmad mengatakan salah satu alasan program ini dijalankan karena menurut penelitian yang ditulis Profesor Dadang Hawari, sekitar 90 persen pengguna narkoba berasal dari perokok aktif.

“Karena itu, kita daftarkan ini sebagai bagian dari list program Zakat for SDGs. Dari 17 poin Sustainable Development Goals yang merupakan program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), ini masuk bidang kesehatan,” Kata Meizi dalam siaran persnya di Jakarta, Ahad (26/11).

Meizi mengungkapkan aplikasi program ini mulai telah mulai dilaksanakan di berbagai daerah ddi Indonesia termasuk di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, tempat Rumah Sehat BAZNAS-PT Timah.

“Alhamdulillah kini semangat tanpa asap rokok semakin besar,” ujar Meizi.

Sebelumnya, kata Meizi, banyak dari masyarakat yang keberatan dengan kampanye program tersebut sehingga setiap ada kegiatan mereka lebih suka berada di luar ketimbang dalam rumah untuk menghindari imbauan tidak merokok.

“Tapi karena tim RSB Yogayakarta gencar melakukan persuasi dan sosialisasi, kini warga sadar dan ikut mengampanyekan gerakan ini,” pungkasnya.

Hasilnya, saat ini para perokok pun menjadi lebih tertib dan tak lagi merokok di tempat-tempat umum seperti ┬ádi tempat ibadah, sarana pendidikan, pekarangan, dalam rumah dan sejenisnya. “Ini dibuat agar seluruh warga, baik perokok maupun bukan, merasa nyaman,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY