Begini Kesan Peserta KOMET di Hari Pertama Berwisata Halal di Negeri Ginseng

0
116
Sesi Sharing dan briefing rutinan rombongan KOMET, membahas tentang evaluasi Muslim Tour di hari pertama.(foto:hun)
Sesi Sharing dan briefing rutinan rombongan KOMET, membahas tentang evaluasi Muslim Tour di hari pertama.(foto:hun)

HAJIUMRAHNEWS-Di hari pertamanya berwisata muslim di negeri Ginseng pada Kinggu (22/11), rombongan Korean Muslim Educational Trip (KOMET) mengunjungi Nami Island, salah satu tempat wisata paling diminati di Korea Selatan.

Di tempat ini, ke 30 rombongan diajak untuk mengenal lebih jauh bagaimana potensi wisata muslim dan fasilitas muslim friendly yang bisa dimanfaatkan oleh para muslim traveller.

Salah seorang peserta dari Semarang, Setyo Legowo mengaku sangat antusias dengan kegiatan KOMET meski baru memasuki hari pertama kegiatannya di Korea Selatan.

“Kegiatan seperti ini merupakan agenda luar biasa khususnya bagi para wisatawan muslim. Saya sangat banyak belajar  terutama tentang Product Knowledge dan Ice Breakingnya dari kegiatan di hari pertama ini,” kata Setyo yang juga Direktur Utama Piranti Travelindo Semarang saat briefing dan sesi sharing peserta KOMET di lobby Hyundai Park Resort, tempat rombongan KOMET menginap.

Setyo pun berharap agar kegiatan kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan IITCF karena sangat membantu, khusunya bagi para pelaku travel muslim yang masih belum terjun ke wisata halal.

“Kesan hari ini saya sangat antusias, saya salut dengan Tour Leader Muslim yang ada khususnya dan inshaAllah sy juga mau daftar lagi edu trip lainnya. Saya harap nanti saya pun bisa garap wisata halal seperti ini,” Tutur Setyo.

Meski begitu Setyo menyampaikan bahwa tetap ada hal yang perlu diperbaiki. “Seperti tadi blum sempat dijelaskan tentang bagaimana aturan-aturan, larangan selama di sini itu apa saja, kita harus tau ini di negara orang, siapa tuan rumahnya,” pungkasnya.

Seorang peserta lainnya,  Wina Wulandari dari Happy Tour Bandung mengungkapkan kekagumannya atas pengalaman luar biasa  saat mengikuti kegiatan IITCF Muslim Edu Trip untuk pertama kalinnya.

“Luar biasa Muslim Edu Trip (IITCF KOMET. red) sangat detail dan memperhatikan kebutuhan rombongan terutama makanan halal,” ujar Wina.

Wina juga memuji kualitas Tour Leader Muslim yang disediakan IITCF dalam mendampingi rombongan.

“Handlingnya luar biasa, kagum sekali, selalu dicek jumlah rombongan dan passpor, itu sangatpenting sekali, kemaein saya tur ke Turki nggak sampai seperti ini.  Intinya kesan pertama saya di hari ini luar biasa saya sangat seneng tur nya , karena ada banyak pelajaran berharga bagi saya,” pungkasnya.

Senada dengan Wina dan Setyo, seorang Ulama yang juga menjadi peserta KOMET Achmad Sofwan menyampaikan apresiasinya atas berbagai gelaran Muslim Edu Trip IITCF termasuk gelaran KOMET Batch II ini. Menurutnya saat ini di dunia yang saat ini ekonominya mulai bergeser ke ekonomi travelling, terkadang para Muslim Traveller mengabaikan aspek kebutuhan makanan halal dan kebutuhan beribadah.

 

“Makannya Muslim Edu Trip ini sangat bagus untuk membentengi kaum muslim (Muslim Traveller. red) dari makanan haram yang masuk ke tubuhnya,” terang Achmad yang juga telah mengikuti gelaran IITCF Muslim Edu Trip di Eropa

Selain Korea Muslim Educational Trip, IITCF pun telah menggelar Muslim Edu Trip ke berbagai negara dan daerah di tanah air seperti Turki, Negara-negara Eropa, Taiwan, Thailand, Garut dan yang terbaru Muslim Edu Trip ke Belitung.

Melalui program tersebut IITCF berharap mampu meningkatkan kualitas SDM wisata muslim tanah air dan tentunya menggaungkan wisata muslim Indonesia. (Jab)

LEAVE A REPLY