Mengenal Kota Abha, Kota Pariwisata Saudi

0
823
Abha, Kota Pariwisata Arab Saudi. (foto:ist)
Abha, Kota Pariwisata Arab Saudi. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Saat  mendengar Arab Saudi, setiap orang pasti akan langsung membayangkan tentang Ka’bah, Haji, Umrah beserta tempat tempat suci bersejarah lainnya. Arab Saudi memang merupakan jantung peradaban umat Islam dengan Ka’bah sebagai ikon sakral yang menjadi kiblat umat Muslim saat beribadah.

Namun, dibalik keidentikan Arab Saudi dengan kota-kota suci tempat berziarah dan wisata spiritual, terdapat kota Abha yang memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan kota-kota pariwisata dunia lainnya. Tak heran kota yang terletak di barat daya Arab Saudi itu dinobatkan sebagai Ibukota Pariwisata Arab Saudi tahun 2017.

Dinobatkannya kota Abha sebagai ibu kota pariwisata Arab Saudi tahun 2017 oleh komite ahli pariwisata Arab Saudi bukanlah hal yang tidak berdasar. Kepala Organisasi Pariwisata Arab Saudi, Dr. Bandar al-Fahid menyebutkan lima aspek utama yang mendukung terpilihnya kota Abha, yaitu: iklim, keindahan alam,  peninggalan sejarah, sosial dan budaya dan lingkungan pertanian yang unik.

Terpilihnya Abha sebagai kota pariwisata Arab Saudi, disambut baik oleh warga dan pemerintah kota setempat. Dalam merayakan hal tersebut, pemerintah bersama warga kota Abha membuat karpet yang terdiri dari 800 ribu untaian bunga yang didesain dengan berbagai macam bentuk dan tersebar lebih dari 26 ribu ribu meter persegi di sepanjang kota.  Karpet bunga tersebut dibuat untuk lebih menarik perhatian para wistawan lokal dan mancanegara.

Hamparan kota bunga di kota Abha. (foto:ist)
Hamparan kota bunga di kota Abha. (foto:ist)

Banyak hal yang membuat kota Abha menjadi salah satu pertimbangan sebagai destinasi wisata yang menarik. Berikut ini adalah beberapa aspek yang ditawarkan oleh Ibu Kota parwisata Arab Saudi tersebut:

Pesona Alam

Salah satu karakteristik terbesar dari kota Abha adalah iklim yang moderat. Berada di daratan tinggi di atas permukaan laut, kota ini memiliki kondisi cuaca yang nyaman dan ramah sepanjang tahun. Kota ini juga terkenal karena pemandangannya yang menakjubkan seperti hutan-hutan di daerah  Dulghan dan al Hubala. Selain itu, pemandangan indah dari Soudah yang merupakan gunung tertinggi di Arab Saudi juga tak kalah indahnya.

Bukit Kota Abha. (foto:ist)
Bukit Kota Abha. (foto:ist)

Lingkungan Bebas Polusi

Dengan hampir 70 persen kawasan yang terdiri dari tumbuhan dan hutan-hutan, kota Abha memiliki lingkungan yang bersih dan bebas polusi. Tak ketinggalan taman dan tempat-tempat suci , fenomena kabut naik dari lembah Tehama menumpuk di puncak gunung dan ribuan spesies tanaman menjadikan kota Abha mnejadi lingkungan paling bebas polusi di Arab Saudi.

Warisan Budaya

Sepanjang sejarah, Abha telah menghasilkan warisan budaya yang kaya dan berbagai macam tradisi. Adanya pasar-pasar khusus di sepanjang jalan setiap hari selasa, Muftaha Art Village sebagai pusat pembelajaran seni menjadi salah satu warisan sejarah kota Abha. Ada juga Gunung ‘Zra’ yang pernah menjadi barak militer yang kini telah diubah menjadi tower telekomunikasi. Selain itu, posisi geografis Abha yang strategis menjadikan Abha sebagai salah satu rute perdagangan penting di Arab Saudi. (Jab)

LEAVE A REPLY