Indonesia Internasional Halal Lifestyle Expo & Conference Siap Digelar

0
376
Press Conference Indonesia Internasional Halal Lifestyle Expo & Conference (INHALEC). (foto:hun)
Press Conference Indonesia Internasional Halal Lifestyle Expo & Conference (INHALEC). (foto:hun)
Press Conference Indonesia Internasional Halal Lifestyle Expo & Conference (INHALEC). (foto:hun)

HAJIUMRAHNEWS-Untuk kali kedua, Indonesia Internasional Halal Lifestyle Expo & Conference (INHALEC) bakal digelar pada 19-21 Oktober 2017 di Balai Kartini, Jakarta. Gelaran tahun ini didukung penuh oleh Majelis Ulama Indonesia, Masyarakat Ekonomi Syariah, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Koperasi dan UKM.

“Dengan acara ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang tercatat eksis jadi
penyelenggara Halal Expo dan Conference dan masuk agenda global untuk bulan Oktober,”
tegas Chairman Indonesia Halal Lifestyle Center, Sapta Nirwandar dalam konperensi pers di Jakarta pada Selasa (10/10) .

Menurutnya, INHALEC diselenggarakan sebagai tanggapan atas persaingan global di sektor industri halal. Ajang ini juga sebagai pembuktian Indonesia sebagai negara dengan mayoritas Muslim yang tak sekadar hanya bisa menjadi konsumen industri halal, tapi juga produsen.

Disamping itu, kata Sapta, guna memacu laju pariwisata Halal di Indonesia, Pemerintah menargetkan pada 2020 kehadiran wisata muslim di Indonesia sebanyak 5 juta orang dari total 168 juta wisatawan Muslim sedunia. “Pemerintah juga mengharapkan kepariwisataan Indonesia di mata dunia bisa mencapai peringkat ke-1. Namun, hal ini tidaklah mudah, mengingat tren persaingan bisnis halal kian ketat di sejumlah negara. Bahkan di negara-negara yang mayoritas penduduknya bukan Muslim, seperti Jepang, Korea, Thailand dan Chile,” katanya.

Negara-negara tersebut, lanjut Sapta, melakukan berbagai macam jenis usaha untuk mempromosikan pariwisata halal. Hal yang sama sudah selayaknya dilakukan oleh Indonesia, yakni dengan melihat halal bukan hanya sekadar aturan dalam hukum Islam, namun juga sebagai Gaya Hidup atau Lifestyle yang komprehensif. Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, selama ini belum menangkap tren tersebut.

Karena itu, Sapta menegaskan, INHALEC mencoba untuk mengisi kesenjangan di bidang pengembangan bisnis halal dengan menampilkan expo showcase produk halal konferensi untuk membahas tren global dan kesempatan bisnis di industri halal hingga menampilkan seni dan budaya bernuansa religi yang dikemas dalam nuansa kolaborasi musik etnik dan modern.

Lebih lanjut Sapta menyampaikan, Expo & Conference 2017 secara keseluruhan expo akan mencakup 10 sektor yang menjadi bagian dari gaya hidup halal (Halal Lifestyle), yakni, makanan, pariwisata, fashion, kosmetik, pendidikan, finansial, farmasi, media dan rekreasional, layanan kesehatan dan kebugaran serta seni dan budaya.

“Penyelenggaraan INHALEC sebenarnya adalah juga sebagai bentuk kepedulian atas
kurangnya informasi mengenai industri halal di Indonesia. Sebuah inisiatif untuk membentuk sistem dukungan untuk komunitas Muslim agar bisa mengakses dan mendapat pengetahuan tentang produk halal dan layanan dari pemerintah berdasarkan hukum Islam. Kegiatan ini juga akan menjadi pusat dari aktivitas dan informasi untuk komunitas Muslim belajar, menemukan dan diarahkan ke bisnis, produk dan layanan yang halal,” ungkapnya. (dik)