Kota Padang Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Halal

0
43
Negeri Minangkabau. (foto:ist)
Negeri Minangkabau. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Perkembangan pariwisata halal dunia berkembang begitu pesat. Untuk saat ini, Indonesia pun ikut serta mengembangkan wisata halal. Beberapa kota di Indonesia kini dijadikan salah satu pusat destinasi wisata ramah muslim. Salah satunya adalah kota Padang.

sosial budaya serta adat setempat yang mendukung merupakan alasan dijadikannya kota Padang sebagai destinasi wisata ramah muslim tersebut.

“Ya karena memang sosial budaya dan tradisi di Padang ini sudah mengarah seperti itu. Adat yang khas dari Sumatera Barat ditambah agama yang kuat kedua-duanya berpadu,” ucap Deputi Menteri Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gede Pitana, Selasa (5/8).

Selanjutnya, I Gede Pitana mengatakan pihaknya tidak menginginkan membuat pariwisata yang merusak nilai-nilai adat istiadat setempat. Dia menegaskan yang cocok untuk dijadikan tempat wisata halal yakni yang muslim friendly.

“Kita tidak ingin membuat suasana yang bisa merusak atau mencemari nilai-nilai agama, nah yang bisa mendukung ini ya yang muslim friendly,” ujarnya.

Selain itu, ia juga membeberkan bahwa perkembangan wisata halal di dunia cukup bagus. “Perkembangan wisata halal membaik karena beragam hal. Diantaranya dukungan perekonomian negara serta Indonesia yang kini menjadi pasar bagi negara-negara pembuat program wisata halal,” katanya..

Menurutnya, negara indonesia yang mayoritas Islam jangan mau kalah. Perkembangan wisata halal tanah air harus lebih baik setiap waktunya.

“Kita Jangan mau kalah dengan Negara yang mayoritas non muslim Seharusnya Indonesia yang mayoritas muslim harus lebih bagus dong. Sehingga kita bisa menarik temen-temen muslim dari berbagai belahan dunia untuk berwisata ke Indonesia,” jelasnya.

Konsep wisata halal kini mulai gencar dikampanyekan di Sumatra Barat. Kota Padang mulai berbenah dengan berbagai fasilitas penunjang industri pariwisata halal, termasuk tersedianya hotel yang bernuansa syariah, tempat ibadah yang nyaman, hingga tersedianya sentra-sentra kuliner halal yang memuaskan lidah.

Sedangkan, menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BKPM PPT) Provinsi Sumatera Barat Maswar Dedi hingga kini usaha kuliner halal masih menjadi yang paling diminati sekaligus tumbuh paling pesat di Sumatra Barat.

Peluang bisnis kuliner halal di Sumbar sebetulnya butuh inovasi dari para penanam modal. Apalagi, nama Sumbar dengan Kota Padang-nya semakin dikenal setelah beberapa kali dinobatkan sebagai salah satu destinasi halal dunia.

“Tingginya minat turis asing yang Muslim membuat peluang wisata halal di Sumbar semakin besar. Untuk kuliner butuh kreativitas untuk berkembang. Meski seperti rendang, namanya sudah mendunia lebih dulu,” katanya.

BKPM PPT Sumatra Barat mengimbau kepada pengusaha kuliner di Padang dan kota-kabupaten lainnya di Sumatra Barat untuk memasang logo halal untuk memantapkan hati pengunjung sekaligus menaikkan level Sumbar sebagai destinasi wisata halal. (dik)

 

LEAVE A REPLY