Inilah Mega Proyek Wisata yang akan Dibangun Pemerintah Saudi

0
248
Proyek Al-Qadiyah
Proyek Al-Qadiyah

HAJIUMRAHNEWS – Sejalan dengan Visi Saudi 2030, Arab Saudi bakal membangun empat proyek wisata berkelas internasional. Visi Saudi yang dikemukakan oleh Pangeran Muhammad bin Salman bin Abdulaziz Al Saud, Pangeran Mahkota, Wakil Perdana Menteri, Menteri Pertahanan dan Kepala Direksi Dana Investasi Publik Arab Saudi, itu mengungkap rencana pembangunan sejumlah megaproyek di Arab Saudi yang dinilai akan menjadikan Arab Saudi yang mandiri dan tidak bergantung dari sektor migas.

Apa saja keempat mega proyek tersebut? Berikut adalah mega proyek Arab Saudi yang bakal menyerap ribuan tenaga kerja, sebagaimana yang ditulis oleh kontributor hajiumrahnews.com di Madinah, Imam Khairunnas yang dikutip dari berbagai sumber, diantaranya:

Alfaisaliah
Alfaisaliah

Gerbang ad-Dir’iyah
Gerbang ad-Dir’iyah adalah sebuah proyek wisata dan budaya di lahan seluas 1.000.000 m2 yang terletak di dekat Situs Warisan Dunia UNESCO Distrik Turaif di ad-Dir’iyah. Gerbang ad-Dir’iyah ini akan menjadi Museum Islam terbesar di Timur Tengah. Di kota yang terbuat dari tanah liat ini akan terdapat didalamnya Perpusatakaan Raja Salman, sejumlah pasar, sejumlah pusat perbelanjaan, sejumlah rumah makan dan sejumlah ruang pertemuan dan festival.

Al-Qadiyah
Al-Qadiyah akan menjadi salah satu Kota Budaya, Olahraga dan Hiburan terbesar di dunia karena memiliki luas 334 km2. Peletakan batu pertama akan diadakan pada 2018 dan tahap pertama dari kota ini akan dibuka pada tahun 2022. Taman Safari dan Taman Hiburan “Six Flags” juga akan hadir di kota ini. Menurut Putera Mahkota Muhammad bin Salman, pembangunan kota ini akan membuka banyak lapangan pekerjaan serta ikut mendukung Riyadh untuk masuk ke dalam daftar 100 kota dengan kualitas terbaik di dunia. Proyek ini akan menghabiskan dana sebesar 32 Milyar Riyal Arab Saudi.

Pengembangan Kawasan Laut Merah
Proyek ini terletak diantara kota al-Wajh dan Umluj, terdapat di garis pantai sepanjang 200 km, terdiri dari resort wisata yang dibangun di lebih dari 50 pulau, pesisir laut dan pantai, gunung berapi yang sudah nonaktif, cagar alam, pegunungan dan Situs Warisan Dunia UNESCO Madain Saleh. Peletakan Batu Pertama akan dilaksanakan pada kuartal ketiga tahun 2019 dan tahap pertama dari proyek ini akan selesai pada kuartal terakhir tahun 2022.

Tahap pertama tersebut terdiri dari pengembangan bandara, pelabuhan, hotel dan fasilitas akomodasi mewah, serta persiapan fasilitas dan infrastuktur. Salah satu keistimewaan dari tempat wisata ini adalah “bebas visa” bagi para wisatawan dari berbagai negara. Proyek yang menghabiskan dana sebesar 15 Milyar Riyal Arab Saudi diperkirakan selesai pada tahun 2030.

Alfaisaliah
Proyek yang memiliki luas 2450 km persegi ini terletak diantara batas kota suci Makkah sampai ke pesisir laut merah yang terletak di Provinsi Makkah. Di dalam kota ini akan dibangun Pusat Pemerintahan, Diplomatic Quarter, Islamic Centre bagi seluruh Organisasi dan Yayasan Islam, Pusat Riset Islam, Pusat Pertemuan, Seminar dan Konferensi, dan juga perumahan, pasar, pusat hiburan, pendidikan dan kesehatan serta fasilitas untuk sektor pertanian dan industri. Proyek ini diperkirakan selesai pada tahun 2050.⁠⁠⁠⁠ (mam)

LEAVE A REPLY