Mudahnya Mengakses Kartu Sim Card dan Paket Internet di Arab Saudi

0
7703
Slot Penyimpanan Kartu Sim pada Handphone. (foto:ist)
Slot Penyimpanan Kartu Sim pada Handphone. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Komunikasi merupakan salah satu faktor penting  bagi jamaah haji selama di tanah suci. Keinginan untuk terus berkomunikasi dengan keluarga dan saling memberi kabar merupakan suatu kebutuhan baik bagi jamaah maupun keluarga di tanah air.

Meski sangat dibutuhkan, seringkali jamaah mengalami permasalahan dalam komunikasi dengan keluarga di tanah air. Susahnya mengakses kartu sim card dari jasa penyedia layanan komunikasi Arab Saudi merupakan penyebab utama masalah komunikasi bagi jamaah haji.

Namun, tak perlu khawatir, karena sim card dari penyedia layanan komunikasi Arab Saudi bisa ditemukan di di bandara dan sekitar hotel tempat jamaah haji menginap. Para penjual kartu sim juga menjual paket internet bagi para jamaah yang menggunakan smartphone. Jamaah juga tak perlu bingung tentang bagaimana pemasangan dan aktifasi kartu sim, karena para penjual akan dengan senang hati membantu untuk melakukan pemasangan hingga aktifasi kartu.

Meski begitu, jamaah harus sedikit bersabar karena Pembelian kartu perdana (sim card) Arab Saudi maupun pembelian paket internet membutuhkan persyaratan berupa identitas resmi (passport) dan rekam sidik jari.

Prosedur ini merupakan kebijakan langsung dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sejak lama. Bahkan di Arab Saudi setiap orang baik itu warga lokal maupun peziarah hanya diperbolehkan memiliki dua kartu sim dan paket internet saja untuk digunakn.

“Di Arab Saudi memang cukup ketat untuk pembelian sim card. Setiap orang hanya boleh memiliki maksimal 2 sim card. Pembeliannya pun cukup ribet, harus dengan menyertakan identitas resmi dan rekam sidik jari,” kata Supar Samiun Huda, warga Indonesia Asal Madura yang menetap di Arab Saudi sejak 2011.

“Sim card di Arab Saudi sangat beragam mobily, STC, Zain, Libera, dan masih banyak lagi. Namun yang paling popular STC, Mobily, dan Zain,” lanjutnya.

Supar mengungkapkan secara harga, rata-rata semua provider sim card memiliki harga sama dan cukup terjangkau. Jangkauan sinyal dari masing-masingpun merata dan cukup kuat.

Supar pun agar bagi jamaah yang  menetap di Arab Saudi sekitar 40 hari disarankan oleh mereka agar membeli paket data sekitar 5 GB dengan masa aktif 30 hari dengan harga 90 Saudi riyal (SAR). Namun bila Jemaah menghendaki paket data yang lebih besar dapat membeli 10 GB yang memiliki masa a ktif 90 hari dengan harga 130 SAR.

“Sebaiknya Jemaah membeli kartu perdana maupun paket data internet dari counter penjualan yang resmi karena akan memperoleh harga standar,” tuturnya. (Jab)

LEAVE A REPLY