BPJPH Siapkan Rancangan 10 PMA Label Halal

0
160
Produk Halal. (foto:ist)
Produk Halal. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS-Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, Indonesia mulai serius untuk mendeklarisakn diri sebagai pusat halal dunia. Keseriusan Indonesia tercermin dari diterbitkannya UU no 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang kini mulai gencar diimplementasikan.

Meski sempat menuai kontroversi di meja hijau beberapa waktu lalu, namun tak menghalangi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk terus mensosialisasikan pentingnya implementasi UU JPH ke beberapa industri.

Sebagai lembaga berwenang untuk mendukung implementasi UU JPH, saat ini tengah sibuk menggelar beberapa persiapan demi menjadikan Indonesia sebagai kiblat halal dunia. Salah satu langkah BPJPH untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menyusun Rancangan Peraturan Menteri Agama (PMA).

Kali ini BPJPH tengah menyusun Pencantuman Label Halal dan Keterangan Tidak Halal bersama Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri serta Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag). Bahkan BPJPH pun telah menyusun agenda Bulan Regulasi untuk menuntaskan 10 PMA yang berkenaan dengan produk halal dan implementasi UU JPH yang sedang digarap.

“PMA ini akan jadi payung hukum untuk label halal termasuk mengenai hak cipta label halal agar tidak dijiplak perusahaan-perusahaan nakal,” kata Sekretaris BPJPH, Ali Irfan di Jakarta.

 

LEAVE A REPLY