8 Pria Ini Pergi Haji dengan Bersepeda, Galang Dana Kemanusiaan 17 Milyar

0
340
8 Pesepeda Saat hendak pergi haji menggunakan sepeda. (foto:ist)
8 Pesepeda Saat hendak pergi haji menggunakan sepeda. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS- Beberapa waktu lalu publik tanah air bahkan dunia sempat dihebohkan oleh kisah inspiratif dari seorang pemuda asal Pekalongan yang berangkat ke tanah suci dengan berjalan kaki untuk melaksanakan ibadah haji serta menyebarkan pesan-pesan toleransi selama diperjalanan.

Kali ini, hal serupa akan dilakukan oleh delapan orang pria yang berasal dari salah satu lembaga kemanusiaan di Inggris yang rencananya akan memulai perjalanan Haji dengan bersepeda.

Dilansir dari Al-Arabiya, kedelapan pemuda yang menamakan perjalanannya dengan “Haji Ride” tersebut akan menempuh enam minggu perjalanan haji lewat darat demi mengumpulkan dana bantuan kemanusiaan sebesar 1 juta poundsterling atau setara Rp. 17 milyar rupiah. Dana itu nantinya akan digunakan untuk bantuan medis bagi para muslim korban konflik di Syiria.

Delapan pemuda tersebut akan memulai perjalanan pada hari ini Jum’at (14/7) dengan bertolak dari London Timur  menuju New Heaven menggunakan bersepeda lalu menyebrangi sungai dengan menaiki kapal Feri menuju Dieppe di Prancis. Dari sana, mereka akan melanjutkan perjalanan ke Paris kemudian melakukan perjalanan ke Swiss, Jerman, Austria, Liechtenstein dan memasuki kota Venesia di Italia dengan bersepeda.

Dari Venesia, mereka akan menaiki kapal Feri ke Igoumenitsa, Yunani lalu mengambil jalur berputar dengan pesawat menuju Alexandria. Dari sana mereka akan kembali bersepeda ke Mesir, Hurghada untuk kemudian kembali melanjutkan perjalanan lewat laut dengan menaiki Kapal Feri hingga kota Yanbu-Arab Saudi.

Rencananya, beberapa aktifis kemanusiaan yang mendukung aksi ini akan turut bergabung dalam lawatan mereka ke beberapa Negara. Selain itu, para pesepeda dari berbagai daerah juga akan menyambut kedatangan mereka di Arab Saudi dan mengawal  perjalanan terakhir mereka menuju Madinah.

Gerakan Haji Ride yang dibuat kedelapan pemuda ini juga demi mendukung beberapa lembaga kemanusiaan dari Inggris dan Malaysia yang beberapa waktu lalu telah menggelar konvoi persatuan dan mengirimkan 80-85 ambulan ke Suriah. Dana yang dikumpulkan selama Haji Ride akan digunakan untuk mengisi ambulan-ambulan ini dan melengkapi peralatan medis yang dibutuhkan.

Salah satu perwakilan yang juga merupakan pendiri dari gerakan Haji Ride, Abdul Wahid mengaku sebenarnya sudah memiliki niat untuk melaksanakan kegiatan seperti ini sejak saat dia masuk Islam 11 tahun lalu.

“Orang bilang Anda harus mengubah segalanya tentang Anda saat Anda menjadi Muslim. Saya memiliki  banyak waktu untuk memikirkan bagaimana saya bisa menjadi Islam secara Kaffah (ed). Saya pikir saya suka bersepeda dan saya ingin pergi ke haji, jadi mengapa kita tidak kembali ke tradisi lama untuk melakukan perjalanan (lewat darat ed)?,” kata Wahid.

Sebelumnya, Wahid sempat juga bergabung dalam gerakan bersepeda dari London menuju Paris di tahun 2015. Hal inilah yang membuatnya menyadari bahwa perjalanan bersepeda dari London menuju Madinah sangat mungkin direalisasikan. Ia pun kemudian mengumpulkan kawan-kawannya dari Bengali, Pakistan dan Inggris untuk ikut menghidupkan mimpi lamanya tersebut.

“Saat ini semangat berhaji telah hilang.  (di zaman dahulu) Kaum Muslimin biasa bepergian setengah tahun atau bahkan setahun lamanya untuk pergi melaksanakan ibadah haji.  perjalanan berhaji merupakan perjalanan spiritual dan ini adalah kesempatan bagi kita untuk melihat orang yang berbeda. Kita akan berbicara dengan orang-orang dan mendidik mereka tentang tujuan kita,” tutur Wahid.

Selama di perjalanan, Wahid bersama ketujuh orang kawannya juga akan menyebarkan pesan-pesan persatuan dan meningkatkan kesadaran untuk turut membantu masyarakat muslim di Suriah.

“Saya melihat bahwa orang-orang di seluruh Eropa sangat menghormati niat dan upaya kami saat ini. Saya pun berharap ini akan memberikan kesan postif bagi citra Islam,”ujar Wahid. (Jab)

 

LEAVE A REPLY