Masjid Maria Bunda Yesus di Abu Dhabi Jadi Simbol Toleransi Umat Beragama

0
507
Masjid Maria Bunda Yesus yang berada di Abu Dhabi, UEA. (foto:ist)
Masjid Maria Bunda Yesus yang berada di Abu Dhabi, UEA. (foto:ist)

HAJIUMRAHNEWS – Toleransi menjadi nilai yang sangat dijunjung tinggi di Uni Emirate Arab (UEA), meski umat muslim merupakan yang terbesar, namun hal tersebut tak lantas jadi alasan untuk mendominasi dan mendiskriminasi pemeluk agama lainnya.

Belum lama ini, seperti yang dikutip dari gulfnews.com, Putra Mahkota Abu Dhabi, HH Syeikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan memutuskan merubah nama Masjid Syeikh Mohammad bin Zayed menjadi Masjid Mariam Umm Eisa (Maria Bunda Yesus). Hal ini dilakukan guna menggaungkan toleransi di negeri penghasil minyak tersebut.

Pergantian nama Masjid yang berlokasi di Distrik Al Mushrif, Abu Dhabi tersebut, mendapat sambutan positif dari Kepala Badan Urusan Islam dan Wakaf UEA, Mohammad Mattar Al Kaabi. Ia menegaskan kerukunan antarumat beragama di UEA terjaga sejak era kekuasaan Emir Zayed Bin Sultan Al Nahyan. Umat beragama hidup damai dan rukun.

“Ini didasarkan pada keadilan dan persaudaraan di antara semua orang yang tinggal di Uni Emirat Arab,” kata Al Kaabi.

Menariknya, letak Masjid ‘Maria Bunda Yesus’ ini pun berdekatan dengan Gereja Anglikan St Andrews. Pendeta senior Gereja Anglikan, Andrew Thompson pun menyambut baik inisiatif pemerintah UEA dalam upaya memupuk toleransi beragama.

“Maria, Bunda Yesus, adalah sosok suci, yang istimewa. Ia adalah simbol ketaatan pada Tuhan,” tutur Thompson.

Ia pun berharap, ke depannya kerukunan antarumat beragama di Uni Emirat Arab, terutama antara Muslim dan Kristen terus meningkat. (dar)

LEAVE A REPLY