Sumatera Barat Borong Event Keren Tahun Ini

0
443
foto: ist.
foto: ist.

HAJIUMRAHNEWS – Pemerintah Sumatera Barat tahun ini agendakan 15 acara bertaraf nasional dan internasional. Satu diantaranya bahkan akan tercatat di buku rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) yakni penampilan 1.000 baju Kuruang Basiba terbanyak yang akan dilaksanakan pada 13 April di Pantai Padang.

Dalam penyelenggaraannya, pemerintah melalui Dinas Pariwisata akan menggandeng pengusaha setempat untuk menyukseskan rangkaian acara yang dinamai dengan Calendar of Event 2017.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Esthy Reko Astuti menyatakan bahwa dengan jelasnya rangkaian acara yang telah dibuat dimaksudkan agar memancing kedatangan para wisatawan untuk datang ke kota yang dijuluki Kota Bingkuang tersebut.

“Kegiatan yang diadakan di Kota Padang, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi dengan kejelasan kapan diadakannya, akan dijadikan catatan agenda bagi travelers,” tutur Esthy seperti dalam keterangan resminya yang diterima hajiumrahnews.com belum lama ini.

Esthy juga menjelaskan bahwa beragamnya acara yang diadakan sekaligus untuk memperkenalkan kuliner tradisional Indonesia, khususnya Kota Padang kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Melalui kegiatan ini dapat memperkenalkan kuliner unggulan daerah dan dapat menjadi ikon di daerahnya. Kita memiliki potensi kuliner yang bervariasi dan rasanya menyenangkan banyak orang,” lanjut Esthy.

Upaya pemerintah Sumatera Barat untuk menggencarkan daya saing pariwisata ini mendapatkan apresiasi yang sangat bagus dari Kementerian Pariwisata Arief Yahya.

“Yang penting jangan sampai berubah tanggal, apalagi bulan dan tahun. Jangan lupa promosikan melalui pendekatan POP (Pre-event, On-event dan Post-event) agar mencapai sasaran yang optimal,” tutur Arief Yahya.

Berikut rincian agenda acara Calendar of Event Sumatera Barat 2017:

12-15 April Lomba Selaju Sampan bagi pelancong sport yang akan di Banda Bakali

13-17 April Penampilan 1.000 Baju Kuruang Basiba dan Festival Siti Nurbaya di Pantai Padang

17-29 April Pemilihan Uda dan Uni Kota Padang di Hotel Kyriad Bumi Minang

Selain tiga agenda di atas, masih ada dua event besar lain yang akan meramaikan acara pariwisata daerah yang beribukota di Padang ini.

28 April-8 Mei Padang Fair, akan ada festival kuliner dan budaya

16-23 Juli Pertemuan Akbar Ulama se-Asia Tenggara, Lomba Qasidah Lasqi se-Indonesia, kejuaraan balap sepeda internasional Tour De Singkarak

1 Agustus Festival Dragon Boat International di Banda Bakali

6 Agustus Pawai Telong-telong di Pantai Cimpago

6 September Penyelenggaraan Minangkabau Halal Tourism Fair, Musyawarah Besar (Mubes) Ekonomi Syariah Indonesia, dan Festival Kuliner Minangkabau di Taman Melati. (Zaq)

LEAVE A REPLY