Kampung Inggris Ada di Banten?

0
778
Kawasan Baduy Outbond (foto: hun/duan)
Kawasan Baduy Outbond Banten. (foto: hun/Duan)

HAJIUMRAHNEWS – Indonesia tidak bisa menutup mata dengan diberlakukannya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sejak tahun 2015 lalu. Untuk terintegrasi dengan pola ekonomi tersebut, masyarakat kini tengah sibuk menyiapkan diri dengan berbagai cara.

Salah satunya lewat pembelajaran bahasa asing seperti yang sedang digiatkan oleh HEPI (Human Edu’ Preuner Indonesia) bekerjasama dengan pihak kepolisian setempat yang mencanangkan Kampung Inggris di kawasan Baduy Outbound, Banten pada Sabtu (4/2).

Sebelumnya sebagian orang telah mengenal Pare atau masyhur disebut Kampung Inggris yang mana seluruh warganya menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi sehari-hari, maka kini Kampung Inggris telah hadir di Banten, tepatnya di Kawasan Baduy Outbound Serang yang terletak di Baros, Serang.

Inovasi tersebut dimotori oleh PR Komunitas Cinta Banten (KCB) yang juga artis terkenal sekaligus perintis HEPI Dean Desvy. Artis Tukang Bubur Naik Haji ini terinspirasi membuat Kampung Inggris di wilayah Banten karena melihat potensi yang sangat prospektif di daerah Banten itu sendiri.

Ketika libur datang, seringkali murid-murid ataupun mahasiswa dari beberapa kota besar di Indonesia pergi ke Pare untuk sekadar menghabiskan waktu liburan dengan bonus belajar bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Namun lokasi yang sangat jauh dari ibu kota kadang juga yang menjadi penghalang untuk mendapatkan kelas asik bahasa yang ada di sana. Maka dari itu tim yang terdiri dari HEPI, kepolisian, dan kawasan wisata Baduy Outbound mencoba menjembatani agar masalah tersebut dapat teratasi.

Pihak Baduy Outbound mengaku sangat bersuka cita menyambut rencana tersebut. Ia berharap dengan adanya hal tersebut akan menambah wisatawan yang masuk ke kawasan Baduy khususnya, dan Banten pada umumnya. Ia optimis ke depan Banten akan menjadi destinasi wisata nomor wahid di Indonesia, bahkan di dunia.

“Saya sendiri sebagai CEO dari Baduy Outbound berharap dengan adanya wacana menjadi Kampung Inggris (English Village) ini menjadi nilai tambah, bahwa itu juga akan berkembang kepada masyarakat,” tutur Direktur Utama Kawasan Wisata Baduy Outbound, Didin Saprudin, pada Ahad (5/3).

Upaya tersebut terus dimaksimalkan oleh tim pengusung ide Kampung Inggris Baduy Outbound dengan melobi berbagai pihak agar mendukung rencana yang tengah digadang oleh mereka.

“Kita akan berkonsolidasi dan berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Banten, karena itu menurut Kita sangat penting. Kita akan buka bahwa di Kawasan adalah memiliki program yang sangat luar biasa, yaitu dengan adanya program Kampung Inggris,” ungkapnya ketika berbincang dengan tim hajiumrahnews.

“Yang kedua, kita juga akan mungkin memberikan market ke sekolah-sekolah yang ada di provinsi banten, bahwa di setiap kegiatan semester, sekolah-sekolah yang biasanya melakukan kegiatan ke tempat yang jauh, Kami akan memberitahukan bahwa sekarang di kawasan Baduy Outbound juga sudah mempersiapkan itu,” tutupnya. (Zaq)

 

LEAVE A REPLY