Mina, Kota Seribu Tenda yang Tampung 3 Jutaan Jamaah Haji Per Tahunnya

0
545
Sekitar seratus ribu tenda berjejer rapi di Mina (foto: ist.)
Sekitar seratus ribu tenda berjejer rapi di Mina (foto: ist.)

HAJIUMRAHNES – Tantangan terbesar bagi pemerintah Arab Saudi adalah bagaimana menjamu tamu-tamu Allah yang hadir di setiap musim haji. Total keseluruhan ada sekitar 3 juta jamaah haji yang mengunjungi Mekah setiap tahunnya. Dari sekian banyak lokasi, Mina memainkan peran yang sangat vital dalam mengakomodir para jamaah pada saat musim haji.

Dilansir dari Otoritas umum untuk statistik (The General Authority for Statistics), tahun lalu ada sekitar 1.862.909 jamaah di Saudi. Dimana 1.325.372 jamaahnya berasal dari luar Saudi, sementara total jamaah penduduk asli Saudi sendiri berjumlah 537.537. Total jamaah laki-laki sekitar 1.082.228 jamaah dan jamaah perempuan sekitar 780.681 orang.

Untuk menampung banyaknya jamaah yang datang setiap tahun tersebut, pemerintah Saudi telah mendirikan lebih dari 100.000 tenda di Mina dengan ukuran rata-rata 8 meter x 8 meter per tenda. Inilah mengapa Mina dikenal dengan Kota Tenda. Biasanya tenda bisa menampung sekitar 50 orang, dengan harga rata-rata per jamaah dipungut biaya $500. Semua tenda tersebut dilengkapi dengan AC.

Tidak hanya AC, setiap bloknya juga dilengkapi dengan dapur, kamar mandi, dan fasilitas wudhu. Tenda-tenda di sini memiliki kode warna dan nomor masing-masing, disesuaikan dengan negara-negara tertentu.

Meski terletak di lembah di padang pasir, tenda-tenda apik ini tetap berdiri meskipun bukan musim haji. Uniknya, sebelum tahun 1990 tenda-tenda di Mina dibawa sendiri oleh para jamaah dan dibongkar setelah musim haji berakhir. Namun sekitar tahun 1990-an, pemerintah Saudi memasang tenda permanen agar jamaah haji tidak perlu repot membawa tenda-tenda.

Menurut sejarah, tenda-tenda Mina ini ternyata pernah mengalami kebakaran besar dan menewaskan 350 jamaah pada tahun 1997. Oleh karena itu, pemerintah membangun kembali tenda-tenda sengaja dibuat dari fiberglass dengan dilapisi teflon yang resisten pada api.

Lokasi Mina tergolong cukup strategis, hanya berjarak sekitar 8 km dari Kota Suci Mekah al-Mukarromah. Secara geografis, Mina terletak di dataran rendah di Provinsi Mekkah.

Jamarat, lokasi ritual lempar jumrah juga ada di Mina. Ada tiga pilar berdiri kokoh di sini (Jumrah Aqabah, Jumrah Wusta dan Jumrah Ula), yang merepresentasikan setan atau iblis yang harus dibinasakan.

Jamaah haji biasanya datang ke Kota Mina pada tanggal 8 Dzulhijah atau sehari sebelum Wukuf di Arafah, untuk kemudian melanjutkan ritual haji hingga sempurna. (zaq)

LEAVE A REPLY