Grand Syeikh Al-Azhar Minta Mufti Mesir Panggil Pulang Ahli Tafsir

0
923

syeikh-al-azhar

HAJIUMRAHNEWS – Grand Syaikh Al-Azhar, Akhmad Thayyeb menegaskan pihaknya telah memerintahkan Grand Mufti Mesir untuk memanggil pulang ahli tafsir Syaikh Amru Wardani yang sedianya akan menjadi saksi ahli dari pihak terlapor kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Demikian disampaikan pendamping dan perancang kunjungan GSA Syaikh Ahmad Thayyeb ke Indonesia pada Februari lalu, Anizar Masyhadi, kepada hajiumrahnews,com pada Selasa (15/11).

Menurutnya, hal ini dikakukan untuk menjaga wibawa dan martabat ulama Mesir agar tidak terjebak dan jangan mau diadu domba dengan ulama Indonesia dalam hal ini MUI. “Grand Syaikh telah memerintahkan untuk memanggil pulang dan meminta agar tidak ikut campur urusan dalam negeri Indonesia,” kata Anizar.

Bahkan lanjut Anizar, pihak Grand Syaikh tidak mengetahui sebelumnya terkait adanya permintaan mufti Mesir yang akan dijadikan saksi ahli dalam kasus tersebut. “Hal ini saya peroleh langsung dari penasehat GSA, Muhamad Abdussalam langsung dari Mesir,” ujarnya.

Sementara kubu Ahok mengatakan bahwa pihaknya batal menghadirkan saksi ahli tafsir dari Mesir dalam gelar perkara terbuka terbatas di Markas Besar Polri, Jakarta, Selasa (14/11).

“Beliau tidak bisa hadir, alasannya keluarga sakit,” kata kuasa hukum Ahok, Sirra Prayuna.

Sirra juga mengatakan pihaknya tidak terlalu memusingkan hal tersebut. Lagi pula, upaya menghadirkan ahli tafsir itu adalah rekomendasi dari tim sukses Ahok.

“Kami . (Nis)