Inilah Profil Karir Politik Erdogan

0
1629
Presiden Turki Recep tayyip Erdogan (foto:ist/reuters)
Presiden Turki Recep tayyip Erdogan (foto:ist/reuters)

HAJIUMRAHNEWS–Pemerintah Turki menegaskan bahwa Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, masih memegang kendali pemerintahan, terkait upaya kudeta yang dilakukan faksi dalam militer Turki pada Jumat (15/7).

Bahkan Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim mengatakan percobaan kudeta bisa digagalkan dan aparat keamanan telah dikerahkan untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

Lantas, siapakah Erdogan? Berikut adalah profil singkat perjalanan dari sosok Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Sebelum menjabat presiden, pendiri sekaligus pemimpin Adalet ve Kalkinma Partisi (AKP/Partai Keadilan dan Pembangunan) ini menjabat sebagai Perdana Menteri Turki sejak 14 Maret 2003 hingga 28 Agustus 2014. Sebelumnya lagi, ia terpilih sebagai Walikota Istanbul dalam pemilu lokal pada 27 Maret 1994.

Pada 12 Desember 1997, ia dijebloskan ke penjara lantaran puisinya yang bermasalah. Baru setelah empat bulan di penjara, Erdogan mendirikan AKP pada tanggal 14 Agustus 2001. Partai besutannya menjadi gerakan politik terbesar yang didukung publik di Turki. Pada pemilihan umum tahun 2002, partainya memenangkan dua pertiga kursi di parlemen.

Anak dari seorang penjaga pantari di Angkatan Laut ini baru kembali Istanbul pada usia sekitar 13 tahun. Ia belajar di sekolah agama, Sekolah Imam Hatib dan melanjutkan ke Universitas Marmara untuk belajar ekonomi dan bisnis. Erdogan remaja, pernah menjadi pemain sepak bola semi profesional dan akhirnya bekerja di perusahaan angkutan kota Istanbul.

Karir politiknya dimulai saat bergabung di Partai Keselamatan Nasional (Milli Selâmet Partisi) yang Islamis, di bawah pimpinan Necmettin Erbakan –yang kini sudah dibubarkan. Tahun 1982, Erdogan menjalani wajib militer sebagai seorang perwira dengan tugas khusus. tahun 1985, ia menjadi ketua Partai Kesejahteraan di Provinsi Istanbul dan memenangi pemilihan walikota Istanbul.

Pada 1991, lewat Partai Kesejahteraan Erdogan terpilih sebagai anggota parlemen dari Provinsi Istanbul. Dalam pemilu lokal pada 27 Maret 1994, Erdogan menjadi walikota Istanbul. Sebagai walikota, Erdogan menjadi terkenal lantaran ia tampil sebagai administratur yang efektif dan populis dengan membangun prasarana, jalur transportasi dan memperindah kota itu. Dari sinilah ia menjelma menjadi politikus Turki paling popular.

Tahun 2001, ia mendeklarasikan AKP yang berhaluan Islam. Setahun kemudian partainya meraih kemenangan dalam pemilu 3 November 2002 dengan 34,1 persen. Meski kala itu Presiden Ahmet Necdet Sezer lebih memilih Wakil Ketua AKP, Abdullah Gul sebagai Perdana Menteri Turki. Namun tak lama berselang setelah terungkap kasus yang menimpa Abdullah Gul, Erdogan pun ditunjuk sebagai penggantinya.

Dan pada 10 Agustus 2014, Turki menggelar pemilihan presiden secara langsung untuk pertama kalinya setelah 91 tahun –yang selama dipilih oleh parlemen. Erdogan maju dan akhirnya terpilih menjadi presiden Turki. Dan pada 28 Agustus, Erdogan resmi dilantik menjadi Presiden Turki ke-12.  (hayat fakhrurrozi/MHU)

LEAVE A REPLY