Masjidil Haram, Bangunan Terbesar di Dunia

0
1267

IMG-20160318-WA0007

HAJIUMRAHNEWS – Bisa jadi, masyarakat awam mungkin pernah tahu bahwa Kota Mekkah dan khususnya Masjidil Haram sedang direnovasi besar besaran oleh pemerintah saudi Arabia. Renovasi kali ini dipercaya merupakan tahap ke empat yang Insya Allah direncanakan selesai pada tahun 2020.

Beberapa renovasi sebelumnya pada masa kerajaan Saudi terjadi pada tahun 1955, 1982 dan 1998 yang dikerjakan oleh beberapa kontraktor ternama di Saudi Arabia. Pada perubahan paling signifikan yang terjadi pada tahapan renovasi tersebut adalah peningkatan luasan mataf (tempat thawaf) dan luas masjid secara besar besaran.

Dalam sejarahnya, dipercaya area Masjidil Haram dan Kabah sudah direnovasi dan dibangun sampai 12 kali, dimulai oleh Nabi Adam AS sampai kerajaan Saudi yang sekarang kita lihat.

Menjadi tempat paling suci bagi umat islam, Masjidil Haram dipercaya dikunjungi oleh lebih dari  6 juta orang setiap tahunnya, terdiri atas haji sekitar 2 juta orang dan umroh sekitar 4 juta orang. Dengan renovasi besar besaran ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sampai 2 kali lipat dibanding sebelumnya.

Sebagai contoh, area mataf yang awalnya mempunyai kapasitas 50.000 jamaah per jam direncanakan akan naik menjadi 107.000 per jam. Lalu kapastias total masjidil haram menjadi 1,8 juta jamaah dari sekitar 1,5 juta jamaah sebelum renovasi.

Dalam hal total luasan masjid, renovasi terakhir akan menjadikan total area bangunan menjadi sekitar 1,47 juta meter persegi atau sekitar 147 hektar. Dengan luasan tersebut, komplek Masjidil Haram lebih besar dibandingkan komplek bangunan apapun di dunia. Bahkan sampai 3 kali lipat dibandingkan dengan kompleks Boeing di Amerika Serikat.

Dibandingkan dengan kompleks terbuka pun, Masjidil Haram hanya sedikit kalah dibandingkan dengan Angkor Wat di Thailand yang mencapai 160 hektar. Namun Angkor Wat banyak memiliki area yang terbuka dan tidak ada lantainya sama sekali.

Jika kita melihat gambaran besarnya, proyek perluasan Makkah dan Madinah menjadi jauh lebih mengesankan lagi, dengan adanya 5 proyek besar yang dimulai 2015 kemarin yang terdiri atas bangunan baru, lapangan, terowongan, bangunan services dan ring road.

Total penambahan bangunan yang akan dibangun sampai 2020 nanti akan mencapai 1,4 juta meter persegi lokasi baru. Total nilai proyek yang sedang dikembangkan mencapai sekitar 60 milyar dollar atau 840 trilyun rupiah.

Tentunya kita harus ingat bahwa semua hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Tamu Allah untuk beribadah dengan khusyu dan mudah. Mari kita doakan semoga para pengelola tempat ini selalu diberikan kemudahan dan berkah agar selalu tetap dapat melayani ummat. (sdr)

LEAVE A REPLY