PPMI Mekkah Gelar Dialog Bersama Menpora

0
1136

PPMI nahrowiHAJIUMRAHNEWS – Tak dimungkiri lagi, ulama-ulama di Indonesia memiliki keterikatan dengan ulama-ulama di Timur Tengah. Salah satunya adalah Syeikh Kholil Bangkalan, yang dulu pernah belajar dan menetap di Mekkah.

Demikian disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi dalam acara Dialog tentang Peran Pelajar/Mahasiswa Indonesia di Timur Tengah Terhadap Kemajuan Pendidikan di Tanah Air yang digelar oleh Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mekkah, Arab Saudi, di Sekolah Indonesia Mekkah, Jumat (22/4) lalu.

Dalam dialog selama satu jam itu, Menpora menuturkan bahwa dirinya yang pernah nyantri di Pondok Pesantren Nurul Kholil, yang pendirinya masih cucu dari Syeikh Kholil. Karenanya, sejak kecil pula ia bercita-cita ingin sekolah di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi, namun sayang keinginannya itu belum tercapai.  “Alhamdulillah akhirnya saya ditunjuk menjadi kepala rombongan (karom) jamaah haji tahun 2007, dan saya niatkan bismillah akhirnya saya belajar di Mekkah,” kata menteri termuda dalam Kabinet Kerja ini.

Menurut Ketua PPMI Arab Saudi, Imam Khairul Annas, kehadiran Menpora di tengah-tengah para pelajar dan mahasiswa yang tengah menimba ilmu di Arab Saudi ini memberikan semangat baru bagi mereka. “Artinya, kami yang tengah menempuh pendidikan di Arab Saudi juga punya peran yang sama dalam rangka turut serta membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa, demi masa depan bangsa dan umat yang gemilang,” kata Imam dalam sambutannya.

Hadir dalam kegiatan dialog tersebut, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh, Basuni Imamuddin, Pelaksana Harian Acting Konjen RI di Jeddah, Syaifuddin Ahmad Syaifuddin, Kepala Sekolah Indonesia Mekkah (SIM), Sinsin Rosyidin, tokoh masyarakat Ahmad Fahmi, para guru dan staf SIM, mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam PPMI Mekkah serta santri-santri shaulatiyyah. (mam)