Sekjen AUMI: Mahasiswa Jangan Pernah Takut untuk Berwirausaha

0
683

hasan aumiHAJIUMRAHNEWS-Dalam rangka menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan kemandirian bangsa, khususnya para generasi muda, diperlukan edukasi yang massiv. Terlebih lagi di era perdagangan bebas saat ini, pastinya hanya yang memiliki talenta dan kemauan sajalah yang akan mampu bersaing di dunia usaha. Untuk itu diperlukan upaya sosialisasi, sharing pengalaman sehingga terbangun entrepreuner mindset dalam diri generasi muda dan kian termotivasi untuk terjun dalam berwirausaha.

Setidaknya itulah yang disampaikan Ketua Bilateral Kadin Indonesia Komite Timur Tengah, Muhammad Hasan dihadapan mahasiwa Jurusan Administrasi Binis Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat (22/4) siang.

Dalam kuliah umum tersebut, Hasan panggilan akrab pengusaha nasional yang juga menjabat Sekjen Asosiasi Usaha Menengah Indonesia (AUMI) ini menegaskan bahwa saat ini, manusia Indonesia mau tidak mau, siap tidak siap, mesti bisa tampil menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Pasalnya, ribuan pekerja, usaha, maupun produk barang dan jasa dari luar negeri masuk ke negeri ini sejak diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN).

“Karena itu, Anda sebagai mahasiswa mesti mulai memiliki mindset tentang kewirausahaan dan jangan pernah takut untuk terjun ke dunia usaha,” ujar Hasan, founder kelompok usaha Gaido Group.

Menurut Hasan, apa yang dilakukannya sebagai upaya ikut serta mencerdaskan anak bangsa dan berbagi ilmu kepada generasi muda Indonesia. Sebelumnya, kata Hasan, ia juga diundang sejumlah perguruan tinggi di Indonesia untuk memberikan materi kewirausahan pada program S1 maupun S2.

Diantaranya, Politeknik Caltex, Pekanbaru Riau, Universitas Indonesia (UI), Univeritas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Perguruan Nurul Fikri, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cirebon.

“Dan untuk di Riau misalnya, kami telah melahirkan pengusaha, hasil dari sebuah ajang kompetisi bussines plan, di mana saya hadir sebagai pembicara, juri sekaligus mentor bisnisnya. Mudah-mudahan dari kampus ini pun akan lahir pengusaha-pengusaha hebat dan kuat,” kata Hasan yang mendedikasikan waktu, tenaga dan ilmunya untuk turut serta menciptakan sejuta pengusaha.

Dekan FISIP Universitas Nusa Cendana, Frans Gana, dalam sambutannya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Hasan selaku pembicara dalam kuliah umum kali ini. Dimana, sejatinya kemauan yang kuat dan perspektif seseorang adalah modal utama untuk terjun ke dunia entrepreneur.

“Saya harap dengan adanya kuliah umum sebagai bentuk sharing experience session yang disampaikan oleh praktisi bisnis ini akan menginspirasi mahasiswa untuk menjadi seorang pengusaha,” katanya.

Senada dengan Frans, Ketua Jurusan Administrasi Binsis FISIP Universitas Nusa Cendana, Abas Kasim, berharap dengan kegiatan ini, mahasiswa dari kawasan Indonesia Timur pun mampu bisa tampil di pentas nasional menjadi pengusaha sukses.

“Terlebih, pembicara kita kali ini merupakan seorang pelaku bisnis yang sukses membangun usahanya dan juga memiliki jaringan kuat,” ujar Abas berharap. (hai)

LEAVE A REPLY