Korban Penipuan Umrah di Banten Lebih dari 200 Orang

0
1602

IMG-20160413-WA0017_resizedHAJIUMRAHNEWS  – Korban penipuan travel umrah nakal di Provinsi Banten sejak awal tahun ini mencapai 200 orang. Jumlah itu berasal dari calon jamaah yang melapor ke kepolisian atau Kantor Wilayah (Kanwil) Agama Provinsi Banten.

“Itu hanya yang datang curhat ke kita, belum dari yang lain yang tidak lapor ke kita. Kebanyakan dari mereka tidak lapor ke polisi. Seharusnya mereka melapor ke polisi. Kalau kita kan tugasnya hanya mengawasi dan pembinaan saja,” kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Agama Provinsi Banten Lukmanul Hakim kepada hajiumrahnews di Serang (13/4).

Modus penipuan yang banyak terjadi hampir mirip. Calon jamaah umumnya tergiur umrah murah yang ditawarkan oleh travel-travel nakal tersebut. “Masyarakat juga lebih melihat figur kiyai atau ustadnya, tidak mengecek bagaimana perizinan travelnya,” ucap Lukman.

Untuk meminimalkan kasus-kasus penipuan umrah, kata dia, Kanwil Agama Provinsi Banten telah melakukan sosialisasi lima pasti umrah melalui media koran, online, stiker, kunjungan ke pondok pesantren, seminar dan pameran.

“Kami juga memberikan surat edaran ke travel-travel berizin dan kelompok-kelompok bimbingan ibadah haji,” tuturnya.

Sebelum mendaftar umrah, kata dia, masyarakat juga harus  mengecek dulu izin travel umrah yang bersangkutan. “Ke depannya saya ingin travel yang tidak punya izin atau yang nakal itu disegel dulu atau dihentikan operasinya sampai dia punya izin,” kata Lukman. (nrd)